Tanya Dokter

  • Penyebab dan solusi atasi sembelit

  • Dok,anak saya usia 2 tahun sering mengalami masalah sembelit..tapi kali ini sepertinya sudah tak wajar, setiap hari saya sudah memberinya sayur,meski kuahny saja krn gak suka sayur..saya perbanyak buah, tp kenapa fesesnya masih keras? Bahkan fesesnya sudah sebesar ukuran orang dewasa..dan selalu menangis saat pup. Apakah usus anak saya melar dok? Solusinya apa ya dok? Bagaimana agar pup ank saya normal kmbali? Terima kasih

    Hai N Anissha Rahmawati,

    terima kasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Sembelit atau konstipasi merupakan kondisi sulit BAB secara teratur, dimana frekuensi BAB kurang dari 3 kali per minggu. Jika anak Anda mengalami konstipasi, kemungkinan penyebabnya adalah:

    1. peralihan makanan cair ke  padat, terutama yang kurang serat
    2. kurang cairan/dehidrasi
    3. susu formula
    4. kondisi medis tertentu (hipotiroid, alergi makanan atau susu sapi, kelainan organ pencernaan sejak lahir)

    Konstipasi pada bayi bukan merupakan hal yang aneh atau fatal terutama di antara usia 2-3 tahun. Anda dapat mencoba mengatasi kondisi tersebut dengan melakukan hal sbb:

    • Memberikan laksatif (pelunak feses) alami seperti jus buah-buahan
    • Obat laksatif yang dijual bebas dengan kandungan lactulose, bisacodyl, paraffin, dll (jika konstipasi parah)
    • Biasakan anak duduk di toilet secara teratur 3-5 menit setelah makan
    • Berikan anak makanan sehat berserat sayur/buah minimal 3 kali per hari
    • Batasi pemberian susu sapi

    Cara mengatasi konstipasi pada anak selengkapnya dapat dibaca di sini

    Jika setelah dilakukan hal-hal di atas belum terdapat perubahan pada anak Anda, segera kunjungi dokter spesialis anak untuk konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut.

     

    Sekian informasi yang dapat saya berikan.

     

    Salam,

    dr. Nindi

    Annisha yang baik,

    secara umum seseorang dikatakan mengalami sembelit apabila buang air besar kurang dari 3 kali dalam seminggu. Sembelit biasanya ditandai pula dengan kotoran yang sangat keras. Sembelit bisa menimpa usia berapapun dari anak hingga dewasa. Namun biasanya anak usia balita cenderung mengalami sembelit karena banyak faktor seperti :

    • perubahan tekstur makanan
    • alergi terhadap makanan tertentu
    • kurang cairan
    • kurang serat dari sayur dan buah-buahan
    • menderita masalah lain seperti penyakit tiroid

    Pertama-tama pastikan dahulu bahwa anak Anda mendapatkan cukup cairan dan serat dari sayuran dan buah-buahan. Berikan air minum pada anak jangan hanya ketika dia haus, melainkan jadwalkan waktu konsumsi cairan. Kekurangan cairan menyebabkan feses menjadi lebih keras karena cairan yang ada diserap sebagian besar di usus besar. Bila kedua aspek ini telah Anda perhatikan namun feses masih keras, Anda perlu memeriksakan anak Anda ke dokter, untuk sekiranya diberikan pelunak tinja sesuai dosis dan kondisi anak Anda. Berikut kami lampirkan artikel mengenai sembelit. Semoga bermanfaat.

     

    dr. N. K. Arief