Tanya Dokter

  • Peningkatan tekanan bola mata

  • Selamat malam dok Saya akhir2 ini sakit kepala awal nya tensi mata saya tinggi setelah saya minum obat rasa denyut di mata hilang tapi akhir2 ini mata saya sakit lagi dan kepala saya makin sakit dok, punggung saya juga sakit udah beberapa hari ini. Dan terkadang saya seperti merasakan gempa tiba2 dan itu cukup lama padahal dalam keadaan normal. Tadi siang saya kaget ngeliat mulut saya dan itu gusi saya berdarah di beberapa tempat kira2 saya sakit apa ya dok

    Halloo

    Terima kasih sudah bertanya pada Alodokter

    Sebelumnya apakah yang Anda maksud tensi mata adalah TIO atau tekanan bola mata? Apakah sudah sempat berobat ke dokter spesialis mata?

    Peningkatan tekanan bola mata disebut juga dengan Glaukoma dimana gangguan penglihatan yang disebabkan oleh kerusakan saraf optik akibat penekanan di dalam mata. Penekanan ini terjadi karena adanya gangguan regulasi cairan mata, baik karena produksi berlebihan atau hambatan/halangan saluran pembuangan cairan tersebut.

    Secara umum, glaukoma bisa dikelompokkan menjadi :

    1. Glaukoma sudut tertutup/ akut

    2. Glaukoma sudut terbuka/ kronik

    Diagnosis glaukoma ditegakkan oleh dokter mata melalui pemeriksaan mata secara langsung, meliputi tes lapangan pandang, tes tonometri (mengukur tekanan bola mata), tes gonioskopi (menilai sudut antara iris dan korna), dan oftalmoskopi (menilai kondisi saraf optik). Bila terbukti disebabkan oleh glaukoma, maka pengobatan dilakukan untuk menurunkan tekanan mata sehingga mencegah kerusakan tambahan bagi saraf optik. Pengobatan ini meliputi beberapa modalitas, yaitu :

    - obat, baik obat tetes mata ataupun obat minum, yaitu golongan alfa-adrenergik agonis, beta-bloker, analog prostaglandin, inhibitor karbonik anhidrase, kolinergik, dan simpatomimetik

    - terapi laser

    - operasi

    Sedangkan keluhan gusi berdarah dapat bisa saja disebabkan oleh:

    ·         gingivitis atau peradangan gusi karena timbunan plak yang telah menjadi karang gigi

    ·         menggosok gigi terlalu keras sehingga melukai gusi

    ·         pemasangan gigi palsu yang tidak pas

    ·         perubahan hormonal, misal pada wanita hamil

    Tindakan sebaiknya yang Anda ambil adalah segera memeriksakan diri ka dokter terdekat agar dilakukan kembali pemeriksaan secara menyeluruh terhadap keluhan Anda. Karena dibutuhkan pemeriksaan secara langsung untuk mengetahui diagnosa tepat dari keluhan Anda.

     

    Semoga bermanfaat

     

    Salam, dr. Satya Sueningrat