Tanya Dokter

  • Penyebab haid tidak teratur di usia 40 tahun

  • Dokk usia ibu saya sekitar 43 keatas. Dia rutin minum pil kb. Tapi sudah berapa waktu ini dia berhenti minum pik kb karena tidsk haid. Sebelumnya juga ibu saya punya masalah demekian dengan haid yg tidak teratur. Apa ini ada kaitanya dengan efek dari pil kb tersebut

    Hai Adi,

    Gangguan menstruasi adalah salah satu efek samping yang akan muncul dengan penggunaan alat kontrasepsi, berupa pil kb. Gangguan hormonal mungkin terjadi pada penggunaan alat kontrasepsi ini sehingga dapat menyebabkan menstruasi berhenti sama sekali. Baca efek samping pil kb di sini. Selain akibat penggunaan kb pil, kemungkinan lain yang dapat menyebabkan menstruasi menjadi tidak teratur diantaranya :

    • Ketidakseimbangan hormonal seperti Premonopause
    • Kehamilan
    • Gangguan pada organ reproduksi seperti kista ovarium, endometriosis, sindrom polikistik ovari
    • Gangguan tiroid
    • Pola hidup seperti obesitas, stres

    Mengingat usia ibu Anda yang sudah memasuki 40 keatas, kemungkinan mengalami premonopause mungkin terjadi. Monopause adalah suatu kondisi berakhirnya siklus menstruasi yang disebabkan penuaan sehingga kinerja ovarium akan menurun.

    Beberapa keluhan yang akan menyertai seseorang dengan gejala monopause selain menstruasi yang mulai terlambat datang, diantaranya gangguan mood, mudah lelah, emosi yang tidak stabil, tubuh sering pegal-pegal, gairah seks yang menurun, dan sakit kepala sering dikeluhkan. Diskusikan dengan dokter untuk memastikan kondisi ini, agar langkah pengobatan dapat diberikan dan keluhan ibu Anda akan berkurang.

    semoga bermanfaat,

    dr. Tantya