Tanya Dokter

  • Penyebab kaki sering nyeri ketika terlalu lama berdiri

  • Dok. Sdh 1tahun ini kaki saya ketika saya trlalu lama berdiri/capek pasti akan sakit. Sakitnya bukan di luar tapi seperti sendi2 atau otot saya yg sakit saya juga tdk mengerti dok. Setiap saya memutar2 kaki saya pasti akan ada bunyi tulang.. Dlu saya pernh jatuh dri mtor karena kaget saya meloncat dan kaki kanan saya yg terluka (lecet) .. Apakah itu ada pengaruhnya dok? Mohon bantuannya. Karena tangan saya juga terpengaruh sampai skrng.. 😭😭😭😭😭
    Diana Sry Wulan Larobu  dr. Danny
    Dokter

    Hai.

    kaki yang terasa ngilu atau sakit dapat disebabkan karena berbagai macam penyebab. Dari keadaan yang anda alami, jika anda pernah mengalami kecelakaan dan hanya terjadi luka lecet, maka biasanya hal tersebut tidak mempengaruhi terhadap rasa nyeri yang saat ini anda rasakan.

    rasa nyeri atau ngilu pada kaki ketika berdiri lama mungkin dapat disebabkan karena beberapa keadaan seperti misalnya:

    • varices pada kaki
    • penyakit pembuluh darah tepi
    • sumbatan pada pembuluh darah 
    • jepitan saraf
    • kurang vitamin B
    • rhematoid artritis

    berbagai keadaan dapat menyebabkan rasa nyeri pada kaki seperti yang disebutkan diatas. Misalnya varices dapat juga menyebabkan rasa pegal dan ngilu pada kaki ketika berolahraga atau berdiri lama. Varices merupakan suatu penonjolan dari pembuluh darha balik yang disebabkan karena gangguan katup katup pada pembuluh darah tersebut. Varices biasanya terlihat seperti pembuluh darah yang menonjol. 

    Penyakit rhematoid artritis juga dapat menyebabkan rasa nyeri pada sendi sendi kaki. Biasanya penyakit rhematoid artirtis merupakan suatu penyakit autoimun dan cukup sering terjadi pada usia muda. Rhematoid artritis dapat menyebabkan gejala seperti rasa nyeri pada sendi, sendi kemerahan, dan dapat muncul benjolan disekitar sendi.

    Tetapi untuk memastikan penyebab dari keadaan anda, maka sebaiknya anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter sehingga dokter dapat memeriksa keadaan anda lebih lanjut. Mungkin nanti akan dilakukan pemeriksaan tambahan seperti pemeriksaan darah, USG, atau CT Scan jika memang diperlukan.

    disarankan agar anda rutin berolahraga, dan lakukan peregangan sebelum berolahraga. Minum cukup air putih, dan luruskan kaki setelah berolahraga. Jangan konsumsi alkohol dan jangan merokok. 

    Berikut artikel yang dapat anda baca mengenai Varices

    semoga bermanfaat. Terimaksih

    dr. Danny