Tanya Dokter

  • apa penyebab keputihan?

  • siang dok!!

    Saya mau tanya, jadi gini dok, saya sering merasa gatal-gatal di daerah kewanitaan. sebenarnya sudah saya periksakan ke dokter dok, memang sudah pernah sembuh, tapi setelah beberapa bulan kemudian penyakit gatal-gatal itu kambuh lagi dok, akhirnya saya periksakan lagi, dan dokteknya menjawab kemungkinan itu tidak cocok pembalut atau gara-gara keputihan. langsung saja di pertanyaan saya dok .. sebenarnya apa sih penyebab keputihan? dan bagaimana caranya mengatasi atau mengobati gatal-gatal di daerah kewanitaan akibat keputihan dan lembab ...

    mohon segera dijawab ya dokk!!!

    Halo, Keputihan merupakan mekanisme tubuh untuk mengeluarkan sel mati dan bakteri. Keputihan yang normal ditandai dengan keluarnya cairan vagina yang berwarna bening hingga putih, tidak gatal, tidak berbau, serta tidak disertai nyeri atau gejala lainnya (seperti misalnya luka lepuh pada vagina,dll). Keputihan yang tidak normal ditandai dengan keluarnya cairan vagina yang abnormal dan dapat saja disebabkan oleh infeksi jamur (kandidiasis), bakteri (vaginosis bakterialis), iritasi vagina (vaginitis), parasit (trikomoniasis), infeksi menular seksual, dan lain-lain. Cara mengatasinya antara lain :

    • Merawat dan menjaga kebersihan organ intim (klik tulisan biru untuk terhubung dengan panduan lengkap perawatan organ intim)
    • Memilih dan mengenakan pakaian dalam yang tepat
    • Segera ganti celana dalam apabila basah/lembab/berkeringat
    • Hindari pemakaian produk yang beraroma/wewangian pada organ intim dan produk lainnya yang berpotensi mengiritasi vagina (misalnya pembalut beraroma, pantyliner berarona, tissue/sabun beraroma, dll)
    • Hindari penggunaan pantyliners berlebihan
    • Bersihkan vagina searah dari arah depan (muara saluran kemih) ke belakang (anus)
    Jika keputihan yang abnormal masih berlangsung walaupun sudah melakukan langkah yang disebutkan di atas sebaiknya diperiksakan ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang sesuai dengan penyebabnya (apabila sebabnya adalah jamur maka akan diberikan antijamur namun jika disebabkan hal lain maka pengobatannya akan berbeda pula). Berikut saya cantumkan beberapa artikel yang sekiranya dapat bermanfaat : Anatomi Vagina Penyakit Vagina Vagina Gatal KETERANGAN : klik tulisan berwarna biru untuk membuka artikel yang dimaksud   Salam, dr.Debby Phanggestu