Tanya Dokter

  • apa penyebab kista pada remaja usia 16 tahun?

  • dok saya mau tnya nih apa bisa usia 16thn menderita penyakit kista ovarium? kan usianya msih sngat muda. apa yg menyebabkan kista di usia muda dok?

    Hai,   Kista ovarium bisa saja menyerang usia muda yang telah mendapatkan siklus menstruasi. Karena jenis kista tersering adalah jenis kista yang berhubungan dengan gangguan pada proses pematangan sel telur pada siklus menstruasi. Jadi jika seorang wanita telah mengalami siklus menstruasi maka ada kemungkinan seorang wanita terkena kista ovarium. Kista bisa menyerang pada masa reproduktif yaitu berkisar antara 13 tahun (menarche-=mens pertama kali) sampai masa menopause dan bahkan beberapa kista ganas bisa timbul pasca menopause. Penyebab kista belum bisa diidentifikasi hingga saat ini, Namun penelitian menghubungkan beberapa jenis kista yang diakibatkan gangguan pada siklus menstruasi seseorang. Kista fungsional terbagi menjadi 2 yaitu:

    Kista korpus luteum = terjadi akibat penimbunan cairan karena sel telur tidak bisa keluar akibat sumbatan pada korpus luteum Kista folikel = terjadi akibat folikel yang terganggu pembentukannya sehingga mengalami pembengkakan.
    Kista sel abnormal pada usia muda yaitu:
    kista dermoid = merupakaan jenis kista yang timbul dari sel telur yang abnormal. Biasamenyerang usia < 40 tahun.
    Gejala kista adalah :
    1. nyeri pada panggul
    2. mual -muntah
    3. perubahan siklus menstruasi
    4. rasa kembung dan penuh pada perut
    5. sering buang air kecil
    6. susah BAB
    Untuk pemastian maka sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan bila mengalami keluhan seperti diatas. Dokter akan memeriksa dengan seksama dan melakukan pemeriksaan lain seperti USG jika perlu. Penanganan pertama yang bisa dilakukan adalah pengawasan kista selama 3 bulan, biasanya kista fungsional bisa menghilang sendiri tanpa pengobatan. Namun jika kista membesar setelah pengawasan dan menimbulkan gejala yang menganggu maka tindakan operatif untuk mengeluarkan kista bisa dipertimbangkan.   Semoga membantu.   dr. Yusi