Tanya Dokter

  • Apa penyebab mimisan yang terus menerus?

  • Halo dok, saya memiliki adik laki laki 17thn. Saat ini ia sedang sakit karena mimisan yang terus menerus. Tidur nya pun terganggu karena darah masuk ke tenggorokan. Bahkan dari hidung nya pernah mengeluarkan segumpal darah. Sudah pernah di cek ke dokter tapi hanya di beritahu adik saya cuman kecapean. Sampai sekarang mimisan nya belum berhenti, saya khawatir darah di dalam tubuh kekurangan. Mohon bantuan saran nya

    Halo Aby.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Kondisi yang dialami oleh adik Anda dengan keluhan utama berupa mimisan atau yang dalam bahasa medis disebut sebagai epistaksis, sebenarnya merupakan kondisi yang umum terjadi dan tidak mengancam jiwa.

    Terdapat beberapa kelompok orang yang memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami mimisan, yaitu anak - anak berusia 2 tahun hingga 10 tahun, orang Lanjut usia, ibu hamil, orang yang sering mengonsumsi obat pelancar darah, serta pengidap kelainan darah seperti hemofilia.

    Jika memang adik Anda sampai saat ini masih mengalami mimisan, maka kami menyarankan segeralah menemui dokter spesialis penyakit THT ( telinga hidung tenggorokan ) terlebih dahulu, dan mendiskusikan masalah ini, agar dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut.

    Beberapa pemeriksaan yang kemungkinan akan dilakukan oleh dokter terkait masalah yang adik Anda alami, diantaranya meliputi : pemeriksaan fisik, tes darah, endoskopi THT, dll., sehingga akhirnya penanganan yang tepat dapat diberikan sesuai dengan penyebab pasti yang nantinya diketahui.

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    MIMISAN

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.jati