Tanya Dokter

  • Apa penyebab mudah tidur

  • Permisi dok,saya mau tanya penyebab seseorang mudah tidur itu apa aja ya dok? Dan sebentar-sebentar mudah tidur tanpa disadari

    Halo Syahri, terima kasih untuk pertanyaannya.

    Tidur merupakan salah satu komponen penting dalam kehidupan yang seringkali disepelekan manfaatnya. Orang dewasa membutuhkan setidaknya 7-8 jam waktu tidur setiap harinya. Kurangnya waktu tidur atau kualitas tidur yang kurang baik dapat menyebabkan adanya gangguan tidur. Beberapa penyebab gangguan tidur, diantaranya:

    • Keadaan jet lag, atau kondisi dimana tubuh tidak dapat menyesuaikan dengan ritme atau zona waktu ditempat lain. Kondisi ini terjadi pada orang-orang yang baru melakukan perjalanan melintasi beberapa wilayah yang memiliki zona waktu berbeda
    • Pada orang yang memiliki pekerjaan shift berganti-ganti, dimana waktu tidur berbeda dengan waktu tidur normal tubuh (yakni pada malam hari) 
    • Kurangnya waktu tidur yang disengaja karena banyaknya pekerjaan
    • Terlalu lelah karena aktivitas yang berat dan menyita waktu 
    • Pengaruh obat-obatan tertentu
    • Masalah medis lain, seperti diabetes, anemia, sindrom kelelahan kronis, dsb

     

    Gangguan tidur memiliki banyak jenisnya, salah satunya yakni hipersomnia dimana penderitanya memiliki kesulitan untuk bangun dipagi hari (mudah tertidur) atau terlalu banyak tidur dipagi hari. Pada penderita hipersomnia, seringkali dijumpai gejala lain, seperti merasa kurang tenaga dan kesulitan berpikir jernih. Beberapa penyebab hipersomnia, diantaranya:

    • Narkolepsi, yakni kondisi dimana terdapat kelainan pada saraf yang mempengaruhi kendali seseorang atas waktu tidur dan bangun
    • Sleep apnea, yakni kondisi dimana terdapat gangguan pernapasan saat tidur (mendengkur) sehingga kualitas tidur berkurang
    • Kurangnya waktu tidur saat malam hari
    • Kelebihan berat badan atau obesitas
    • Depresi
    • Efek samping obat tertentu, salah satunya obat antihistamin
    • Penyalahgunaan alkohol atau narkoba
    • Cedera pada kepala
    • Genetik atau faktor keturunan, dan lain-lain

     

    Jika Anda mengalami gejala hipersomnia, tidak ada salahnya memeriksakan diri ke dokter untuk evaluasi lebih lanjut. Dokter akan membantu mencari tahu apakah terdapat masalah medis lain yang mendasari gangguan tidur yang Anda alami. Beberapa tips yang dapat dilakukan sementara ini:

    • Usahakan agar mendapat waktu tidur yang cukup dimalam hari, setidaknya 7-8 jam sehari
    • Buatlah jadwal tidur yang tetap dan matikan lampu saat tidur
    • Hindari konsumsi kafein atau alkohol
    • Matikan semua peralatan elektronik 1 jam sebelum waktu tidur
    • Olahraga ringan yang teratur

     

    Artikel mengenai gangguan tidur dan hipersomnia dapat dibaca sebagai tambahan.

    Sekian, semoga bermanfaat.

    dr. Sonia L