Tanya Dokter

  • Apa penyebab sakit| nyeriperut bagian bawah kanan dan kiri

  • Assalamualaikum...Dok,

    saya seorang ibu satu anak usia saya 22 th,3 bulan pasca melahirkan setelah 40 hari saya pasang KB IUD,sejak pasang KB belum menstruasi secara teratur(cuma flek)

    2 hari ini perut bagian bawah terasa nyeri kemungkinan Apa penyebabnya ya Dok?

    mohon jawabannya Dok,,,

    Terimakasih...

    ibu SELYATI

    Halo Selyati......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Keadaan yang Anda alami dengan keluhan utama berupa rasa sakit pada perut bagian bawah, di mana sering digambarkan sebagai nyeri panggul, dapat saja disebabkan oleh karena alat kontrasepsi yang Anda pakai yaitu IUD.

    Selain oleh karena IUD, sakit perut yang Anda alami dapat berhubungan dengan gangguan kesehatan pada organ reproduksi, yaitu : penyakit radang panggul, kista ovarium atau gangguan lain pada ovarium, endometriosis, fibroid rahim, gangguan pada serviks seperti infeksi/ radang/ kanker, radang saluran tuba, kanker rahim.

    Sedangkan berikut beberapa hal yang dapat menyebabkan sakit perut bagian bawah yang dapat dialami oleh pria maupun wanita, yaitu : penyakit radang usus buntu, radang kandung kemih, penyakit crohn, gangguan pada usus, infeksi atau batu ginjal, penyakit menular seksual, divertikulitis.

    Jika sampai saat ini kondisi nyeri masih saja dirasakan, maka kami sangat menyarankan kepada Anda untuk segera menemui dokter spesialis kebidanan dan kandungan terlebih dahulu, dan mendiskusikan masalah ini, agar Anda dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut.

    Dokterr kemungkinan akan melakukan beberapa macam pemeriksaan terkait masalah ini, yang meliputi : Pemeriksaan fisik khususnya perut, tes darah, tes urin, USG khusus obsgyn, dll., sehingga penyebab pasti dari timbulnya keadaan ini akhirnya diketahui, dan penanganan yang tepat dapat segera diberikan.

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    IUD

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati