Tanya Dokter

  • Apa penyebab sindrom nefrotik?

  • Pagi dok, 2 bulan yg lalu sy di duga menderita sindrom nefrotik..sebulan yg lalu ueh sembuh, tp skrg malah kambuh lg yaa dok, sebelumnya perut sampe kaki yg bengkak. Skrg muka ampe perut yg bengkak, penyebabnya apa yaa dok?? Napa bisa kambuh lagi?? Apa dr makanan ato aktivitas sehari-hari?? Mohon penjelasannya dok, terima kasih dok.

    Hai, Sindrom nefrotik disebabkan oleh gangguan penyaringan di struktur yang bernama glomerulus di ginjal. Normalnya, saringan glomerulus ini bisa menangkal protein agar tidak sampai bocor ke urin menggunakan mekanisme seperti medan magnit (kutub positif menangkal kutub positif). Pada sindrom nefrotik, terjadi kerusakan pada sistem saringan glomerulus ini sehingga terjadilah kebocoran protein ke urin. Sampai saat ini, penyebab yang memicu kerusakan saringan glomerulus ini belum diketahui pasti, namun diduga kuat karena proses auto-imun (yaitu daya tahan tubuh secara keliru menyerang tubuh kita sendiri). Untuk mendiagnosis pasti sindrom nefrotik, Dokter biasanya akan meminta biopsi ginjal (operasi kecil untuk mengambil sebagian jaringan ginjal guna diperiksakan ke laboratorium). Masih terdapat beberapa kondisi lain yang bisa menyebabkan tubuh bengkak, antara lain sindrom nefritik (bukan nefrotik), sirosis hati dan gagal jantung. Protein dalam darah berfungsi sebagai penjaga tekanan osmotik pembuluh darah (yaitu mencegah "air" keluar dari pembuluh darah). Kurangnya protein (terutama albumin) dalam pembuluh darah akan menyebabkan "air" keluar dari pembuluh darah, menyebabkan bengkak di seluruh tubuh, paling sering terlihat di kelopak mata dan punggung kaki. Bila kebocoran "air" cukup hebat, bisa tampak perut yang membengkak karena "air". Sampai saat ini belum diketahui pastinya mengapa bisa terjadi kekambuhan (dalam arti protein kembali bocor, bukan tubuh kembali bengkak) dan makanan atau aktivitas sehari-hari pun tampaknya tidak berpengaruh pada kekambuhan. Namun, biasanya apabila pengobatan tidak dilakukan teratur (obat tidak diminum teratur), kekambuhan bisa terjadi selama masa pengobatan. Oleh sebab itu penderita sindrom nefrotik dianjurkan untuk kontrol rutin ke Dokter. Tubuh bisa bengkak kembali apabila penderita sindrom nefrotik kembali mengalami kebocoran protein (kekambuhan dalam arti sesungguhnya), mengonsumsi terlalu banyak garam, minum terlalu banyak air, lupa minum obat dan kurang aktivitas fisik. Berikut tips untuk Anda:

    • Hindari makanan tinggi garam
    • Batasi asupan air sehari sesuai anjuran Dokter
    • Perbanyak aktivitas fisik misalnya berjalan kaki
    • Biasakan kontrol rutin dengan Dokter Anda, beberapa jenis sindrom nefrotik (kebocoran protein) mungkin bisa berlangsung seumur hidup
    Sekian, semoga bermanfaat. dr. Radius Kusuma