Tanya Dokter

  • penyebab tekanan darah diastolik saja yang rendah

  • Selamat siang Dok, saya ingin bertanya tentang penyebab tekanan diastol rendah. kemarin saya cek tekanan darah saya dan hasilnya 90/60 mmHg, terus tadi saya baru cek tekanan darah saya juga dan hasilnya 110/50 mmHg. Nah itu sebenernya apa peyebabnya dan apakah itu bisa mengakibatkan ke penyakit lain. Apa itu karena pola tidur? soalnya saya tidur diatas jam 11 malam bahkan sampai jam 12 malam. Terus apa ada hubungannya saat saya bangun tidur kepala bagian belakang saya merasa tegang. Terimkasih Dok, mohon saran dan jawabannya.

    Terima kasih Ira Puspa Dwipa Martha atas pertanyaannya.

    Tekanan darah yang dianggap rendah adalah di bawah 90/60 mmHg. Karena itu, memang tekanan darah diastolik 50 mmHg sudah termasuk rendah. Sebenarnya jika tekanan darah perlu diulang pemeriksaannya untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat.

    Beberapa penyebab tekanan darah diastolik saja yang rendah:

    1. Kelainan jantung

    2. Keganasan

    3. Kekauan pembuluh darah atau proses penyumbatan pembuluh darah

    Namun, jika dilihat dari tekanan darah Anda sebelumnya, memang Anda mempunyai kecenderungan tekanan darah yang rendah (meskipun masih batas normal 90/60). Hal ini mungkin saja normal terjadi pada beberapa orang, namun pada orang yang biasanya memiliki tekanan darah normal, beberapa hal yang dapat menyebabkan penurunan tekanan darah adalah:

    1. Kehamilan

    2. Gangguan endokrin

    3. Dehidrasi

    4. Kehilangan darah dalam jumlah banyak

    5. Infeksi berat

    6. Reaksi alergi yang berat

    7. dan lain-lain

    Mengenai pola tidur, sebenarnya tekanan darah rendah, sebenarnya hingga saat ini masih belum dapat dipastikan. Karena itu, saat ini saya dapat mengatakan kalau hal ini biasanya tidak berhubungan dengan pola tidur.

    Mengenai kepala Anda yang terasa tegang, hal ini memang lebih sering terjadi pada orang dengan tekanan darah rendah. Kondisi seperti ini biasanya disebut dengan sakit kepala tipe tegang.

    Anda dapat berkonsultasi dengan dokter khususnya dokter spesialis penyakit dalam ataupun dokter spesialis saraf (karena Anda juga mengalami sakit kepala) mengenai hal ini. Namun, beberapa hal yang dapat Anda lakukan:

    1. Istirahat yang cukup

    2. Olahraga rutin minimal 200 menit per minggu

    3. Konsumsi makanan yang bergizi

    Anda juga dapat membaca artikel terkait:

    Tekanan darah rendah

    Sakit kepala tipe tegang

    Demikian jawaban dari saya, semoga membantu

    dr. Andika Surya