Tanya Dokter

  • Apa Penyebab Utama Tubuh Kita Mudah Mengalami Dehidrasi?

  •  Edi Sucipto
    Anggota

    Salam Dokter,

    Saya mempunyai masalah yang agak rumit mengenai begitu cepatnya tubuh saya mengalami proses dehidrasi. dan ini sering membuat saya menjadi mudah tidak fokus terhadap pekerjaan yang harus saya lakukan dengan sebaik-baiknya. jika saya berolahraga, saya juga mudah sekali mengalami kelelahan.

    bagaimana ya dok cara yang tepat untuk menanganinya?

    Terimakasih dokter,

    salam.

    Halo, Dehidrasi adalah kondisi saat tubuh lebih banyak mengeluarkan cairan daripada yang didapatkan tubuh. Enam puluh persen tubuh manusia terdiri dari air, sehingga dalam keadaan dehidrasi tubuh tidak dapat menjalankan fungsinya dengan normal. Gejala dehidrasi dibedakan menjadi yang ringan sedang dan yang berat:

    • Gejala dehidrasi ringan dan sedang: rasa haus, kencing pekat dan gelap, jumlah dan frekuensi kencing menurun, mulut kering, mudah mengantuk dan cepat lelah, sakit kepala, pusing
    • Gejala dehidrasi berat: suhu tubuh meningkat, denyut jantung cepat, bernapas cepat, tekanan darah turun, kejang, kesadaran menurun (pingsan, koma)
    Orang mengalami dehidrasi jika cairan tubuh keluar dalam waktu cepat dan jumlah yang banyak, misalnya: Pada dasarnya dehidrasi diatasi dengan mengembalikan jumlah cairan yang terdapat di tubuh ke jumlah semula. Pada dehidrasi ringan, hal ini dapat diatasi dengan minum air putih secara bertahap. Pada olahraga berat, meminum cairan yang mengandung elektrolit juga disarankan. Pada keadaan dehidrasi berat, cairan biasanya harus dimasukan dalam tubuh melalui jalur infus. Bila Anda tidak mengalami gejala-gejala diatas, kemungkinan besar yang Anda alami bukan sebuah keadaan dehidrasi. Mudah kelelahan pada saat olahraga bisa jadi disebabkan karena tubuh Anda tidak fit. Kebiasaan olahraga harus dimulai perlahan dan rutin sehingga sampai pada kondisi yang Anda inginkan. Sedangakan kurang konsentrasi pada pekerjaan dipengaruhi oleh banyak hal termasuk faktor psikologis dan lingkungan. Biasakan gaya hidup sehat dengan makan makanan dengan gizi seimbang, minum air putih 2-3 liter per hari, dan olahraga rutin. Semoga membantu, terimakasih