Tanya Dokter

  • Apa penyebab pertumbuhan bulu yang tidak normal di badan?

  • Saya dewi umur saya sekrang 15 tahun ,, saya takut hampir 80% tubuh saya berbulu.. Apa lagi kaki dan tangan saya kayak laki2.. Payudara saya pun jg kena.. Semua terjadi perubahan saat saya udh pernah haid wktu umur saya 12 tahun.. Apa itu dikarna kan penyakit atau ada hal lain?

    Dan maaf sekalian jg saya mw nanya ,, apa wanita yang jalan sperti cowok selalu identik dia tidak perawan ??

    Tolong dijawab pertanyaannya

    Hai Dewi Pertumbuhan bulu/rambut pada tubuh dapat dipengaruhi faktor keturunan dan juga hormonal. Pada wanita dengan tumbuhnya banyak bulu seperti pria disebut dengan kondisi hirsutisme. Ini disebabkan oleh berlebihnya hormona pria (hiperandrogen) pada wanita. Ini dapat terjadi pada penyakit:

    • Policystic ovarii syndrome. Dimana terjadi kelebihan hormon pria dan juga banyaknya kista-kista kecil pada indung telur yang dapat dilihat dari pemeriksaan USG.
    • Sindrome cushing. Kelebihan hormon kortisol seperti akibat-obatan atau gangguan pada kelenjar di otak.
    • Penyebab tidak diketahui (idiopatik).
    • dan lainnya.
    Untuk memastikannya sebaiknya Anda ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan fisik langsung terutama bila disertai adanya kebotakan, suara yang memberat, peningkatan massa otot, menstruasi yang tidak teratur. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william

    Dok, bulu di tubuh saya tumbuh banyak ketika saya mengkonsumsi obat tinggi protein.... Apa yg harus saya lakukan supaya bulu di tubuh saya hilang dok? Apakah ada cara alami yg bisa di pakai?