Tanya Dokter

  • Penyebab sering sesak napas

  • Dok saya ita umur saya 22th, saya mau tanya dok kenapa akhir2 ini saya sering sesak nafas nya, tapi tidak dalam jangka waktu yang cepet atau sering, hanya saja sesak nafas ini kadang datang kadang juga ga datang, dan biar saya lega kadang saya cuma hanya bisa ambil nafas pelanpelan baru saya bisa bernafas dan ngerasa lega, tapi tetep saja saya masih sesak dok.. Kenapa ya dok?

    Hai Itha,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Untuk bisa beraktifitas normal, manusia perlu disokong oleh asupan oksigen yang memadai. Karenanya, sesak napas, meski ringan intensitasnya, bisa sangat membatasi seseorang dalam beraktifitas.

    Ada banyak kemungkinan penyebab sesak napas, mulai dari gangguan saluran pernapasan, pencernaan, hingga sistem organ lainnya. Berikut beberapa contohnya:

    • Gangguan saluran pernapasan, misalnya karena asma bronkhiale, bronkhitis, polip hidung, pneumothoraks, efusi pleura
    • Gangguan saluran pencernaan, misalnya karena GERD, gastritis, tukak lambung
    • Gangguan kardiovaskuler, misalnya karena gagal jantung kongestif
    • Gangguan psikosomatis, misalnya karena serangan panik, gangguan cemas berlebih
    • Gangguan lainnya, seperti karena ketidakseimbangan asam basa, kelainan fungsi ginjal, hepatomegali, ascites, dan sebagainya

    Perlu diperjelas dulu seberapa besar intensitas sesak yang Anda alami? Apa saja yang biasanya memicu kambuhnya sesak yang Anda rasakan? Apakah Anda memiliki riwayat alergi terhadap zat tertentu? Apakah sesaknya disertai batuk, muntah-muntah, bengkak tubuh, atau keluhan lainnya?

    Kesemua kemungkinan diagnosis di atas hanya bisa ditegakkan melalui pemeriksaan fisik secara langsung oleh dokter. Maka dari itu, Anda sebaiknya memeriksakan diri secara langsung ke dokter untuk mendapatkan penanganan terbaik ya.. Jika sesak dirasa cukup hebat, dokter kemungkinan akan melakukan pemeriksaan penunjang, seperti laboratorium, rontgen, USG, dan sebagainya guna mengidentifikasi penyebab sesaknya.

    Sementara itu, Anda bisa melakukan latihan pernapasan secara teratur untuk membantu meredakan sesak, misalnya dengan menarik napas selama 2 detik melalui hidung, lalu hembuskan selama 3 detik melalui mulut secara perlahan. Lakukan aktifitas ini secara berulang-ulang setiap harinya. Beberapa jenis olahraga, seperti renang, yoga, senam aerobik, dan jogging juga baik untuk membantu mengatasi sesak napas. Selain itu, imbangi juga dengan tips berikut:

    • Makan teratur, jangan terlambat
    • Saat terasa sesak, batasi dulu makanan pedas, asam, berlemak
    • Kurang kafein (maksimal 1 cangkir perhari)
    • Jangan stres, takut, atau panik terlalu berlebihan
    • Perbanyak istirahat
    • Hindari rokok, alkohol, dan obat terlarang

    Semoga membantu.

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah