Tanya Dokter

  • Penyebab pergelangan tangan tiba-tiba sakit

  •  Meni Mel
    Anggota
    Dok saya punya keluhan pd tangan saya,pertama tangan kanan saya nyeri dan terutama di daera jempol,lalu berapa hari kemudian sakitnya menghilang.dan beberapa waktu kemudian sakitnya datang lagi.terus beberapa minggu kemudian tangan kiri saya juga ikutan sakit dok.padahal gk perna keseleo,jadi dok apa penyebabnya.dan apakah ada cara buat menghilangkannya.

    Halo, Meni Mel. Nyeri pada tangan dapat terjadi pada semua bagian tangan.  Tapi yang paling sering adalah nyeri pada pergelangan tangan dan jari. Pergelangan tangan merupakan sendi rumit yang terdiri dari tulang, otot, dan tendon. Gangguan pada salah satu bagian tersebut akan menyebabkan nyeri pada tingkatan tertentu. Nyeri pada pergelangan tangan merupakan kondisi yang umum terjadi. Hampir semua orang akan mengalami kondisi ini paling tidak satu kali dalam seumur hidup. Beberapa penyebab nyeri pada pergelangan :

    • Cedera dapat mengakibatkan keseleo hingga patah tulang. Harus dilihat dengan pemeriksaan rontgen untuk lebih pasti. 
    • Kram otot. Misalnya karena faktor pekerjaan seperti mengetik komputer.
    • Sindrom carpal tunnel. Sindrom ini terjadi saat terdapat tekanan berulang pada saraf median Kondisi ini biasanya akan mengakibatkan tiga jari tangan (ibu jari, telunjuk, dan jari tengah) mati rasa, kesemutan, hingga nyeri.
    • Asam Urat. Kondisi ini biasa terjadi karena kadar asam urat berlebih yang tertimbun dalam sendi, termasuk pergelangan tangan. Hal ini dapat menimbulkan rasa nyeri dan pembengkakan.
    • Osteoarthritis. Walau jarang, kondisi ini dapat mengakibatkan sendi merasa kaku hingga bengkak karena pelindung tulang rawan memburuk. Hal ini biasa terjadi pada penderita dengan pergelangan tangan yang sering cedera.
    • Rheumatoid arthritis. Kondisi perdangan pada pergelangan tangan yang terjadi karena kelainan daya tahan tubuh yang menyerang jaringannya sendiri. Biasanya, kondisi ini dapat mengakibatkan kedua pergelangan tangan merasa nyeri.
    • Hamil dan menopuse
    • Obesitas

    Sebaiknya periksakan diri kedokter agar diketahui penyebab secara pasti. Dokter akan melakukan pemeriksaan secara langsung, dan bila diperlukan akan dilakukan pemeriksaan tambahan seperti tes darah, dan rontgen. Pengobatan yang tepat sesuai dengan penyebabnya. Untuk sementara bila terasa sangat sakit, Anda dapat mengkonsumsi obat penghilang rasa sakit seperti paracetamol

    Semoga Bermanfaat

    dr. Eni Yulvia S