Tanya Dokter

  • Penanganan tepat untuk demam berdarah

  • Mau tanya Dok.....

    Setelah penyakit DBD diobati di Rumah Sakit, dan dinyatakan pulang dengan kondisi Panas badan normal, Trombosit 210, dan tekanan darah 100/70.

    Mohon penjelasan kemungkinan yang terjadi pada pasien setelah di rumah?

    Trims Sebelumnya

    Terima kasih Subipribadi66@yahoo.co.id atas pertanyaannya di forum Alodokter, DBDB atau demam berdarah dengue merupakan suatu keadaan demam yang disebabkan oleh infeksi virus yang biasanya ditularkan melalui gigitan nyamuk. Kondisi demam berdarah dengue ini memiliki ciri-ciri khas yaitu demam pelana kuda, dimana demam tinggi 3 hari pertama, hari 4-5 turun, dan hari ke 6-7 masuk fase penyembuhan. Dimana kondisi demam berdarah dengue ini paling ditakutkan adalah kondisi dehidrasi dan kondisi perdarahan. Kedua kondisi  inilah yang biasanya menyebabkan kondisi gawat pada pasien-pasien demam berdarah dengue ini. Selain kondisi demam biasanya gejala DBD ini dapat dikenali dengan adanya kondisi seperti:
    - bercak-bercak perdarahan pada kulit
    - adanya mimisan
    - badan timbul lebam
    - nyeri perut
    - nyeri bagian belakang mata
    - dll

    Dimana penanganan pada kasus DBD ini adalah mencegah terjadinya kekurangan cairan, mengatasi suhu badan yang terlampau tinggi, dan mengatasi bila timbul perdarahan. Biasanya kondisi kegawatan ini terjadi pada fase kritis yaitu pada hari ke 4-5 demam. Setelah fase ini biasanya kadar trombosit akan perlahan-lahan meningkat dan anak akan kembali pulih seiring berjalannya waktu. Mengenai kemungkinan hal yang terjadi di rumah, biasanya keadaan DBD yang telah pulih akan bertambah membaik seiring berjalannya dengan waktu dan tidak biasanya bila seorang penderita DBD akan mengalami kondisi kegawatan kembali setelah masuk ke dalam fase pemulihan ini (kecuali akibat kondisi lainnya). Oleh sebab itu, bila Saudara memiliki keluhan lainnya setelah dilakukan perawatan di rumah. Saudara tetap dapat berkonsultasi kembali ke dokter terkait guna mencari tahu penyebab keluhan yang dialami dan memberikan penanganan yang sesuai dengan kondisi yang dialami saat ini.

    Berikut terdapat artikel seputar DBD

    Sekian dari saya, semoga dapat membantu
    dr. Christian Chandra