Tanya Dokter

  • Cara agar berat badan ideal

  •  abbhi
    Anggota

    asalamualaikum dok..berat badan ku belum ideal dan aku biasanya sering kencing . Aku ini punya penyakit apa ya dok ?

    Hallo Abbhi

    Terimakasih atas pertanyaan anda

    Untuk dapat mengetahui berat badan seseorang ideal atau tidak, maka perlu dilakukan penilaian indeks masa tubuh (IMT), dimana IMT ini membandingkan berat badan anda terhadap luas permukaan tubuh anda. Data yang diperlukan adalah tinggi badan dan berat badan. Karena anda tidak mencantumkan berat badan serta tinggi badan anda, maka sulit untuk menentukan apakah berat badan anda sudah ideal atau tidak. Selain itu juga sulit menentukan apakah jika berat badan tidak ideal, kondisi yang anda alami saat ini adalah berat badan berlebih (obesitas atau overweight) atau berat badan anda kurang (underweight). Pada penjelasan ini saya akan menjelaskan mengenai kedua kondisi ini.

    Pada dasarnya tingkat metabolisme tubuh tiap orang berbeda, jika rerata metabolisme tubuh seseorang tinggi, maka meskipun makan banyak, orang tersebut bisa saja tetap kurus. Hal inilah yang bisa menyebabkan berat badan seseorang kurang dari normal dan menjadi tidak ideal. Derajat metabolisme yang berlebihan ini bsia dipicu karena aktivitas fisik atau olahraga yang berlebihan juga karena disebabkan oleh penyakit tertentu, seperti penyakit tiroid dimana kadar hormon tiroid berlebihan, sehingga metabolisme tubuh terjadi terlalu cepat. Jika terdapat kondisi penyakit semacam ini, maka kondisi ini harus ditangani terlebih dahulu sebelum anda memulai pola diet sehat untuk meningkatkan berat badan anda. Yang perlu anda ingat adalah ketika menaikkan berat badan ini bukan sesuatu hal yang mudah dan kenaikan yang drastis bisa berdampak buruk, apalagi jika yang terjadi adalah anda mengalami obesitas. Berikut hal yang dapat anda lakukan untuk membantu menambah berat badan anda.

    • Makan secara teratur tiga kali sehari dengan disertai camilan sehat di antara jam makan rutin. Anda juga dapat merubah pola makan anda menjadi lebih sering namun dengan porsi yang lebih sedikit. Dengan cara ini anda dapat menghindari asupan lemak berlebih.
    • Makan makanan yang sehat, bergizi, dan tinggi kalori dan rendah lemak (untuk menghindari asupan lemak berlebih). Tambahan kalori pada menu makanan dan minuman anda misalnya seperti keju, cokelat, meises, susu, dan lainnya. Anda juga bisa mengkonsumsi jus buah atau smoothies.
    • Olahraga teratur untuk membentuk masa otot
    • Istirahat cukup
    • Kelola stress dengan baik

    Pada kondisi dimana terjadi pola hidup yang tidak sehat, seperti kurang olahraga atau kurang aktivitas dan pola konsumsi makanan yang tidak sehat selalu terjadi, maka bisa menyebabkan peningkatan berat badan berlebih atau obesitas. Kondisi obesitas yang berkepanjangan bisa berdampak buruk untuk tubuh dan terutama kesehatan jantung. Sehingga seseorang yang mengalami obesitas perlu melakukan penurunan berat badan. Tapi yang perlu anda pahami, menurunkan berat badan secara berlebihan tidak baik untuk kesehatan tubuh. Namun, jika anda ingin melakukan penurunan berat badan, maka langkah yang sebaiknya dilakukan adalah:

    • Jangan paksakan penurunan berat badan berlebih, lakukan penurunan berat badan secara bertahap (target rasionalnya adalah 10% dari berat badan saat ini)
    • Perubahan pola makan dilakukan dengan mengganti pola makan menjadi porsi lebih kecil namun sering dan juga mengurangi konsumsi lemak dan kalori. Pengaturan pola makan dilakukan dengan menurunkan asupan kalori sebesar 300-500 kkal/hari dengan tujuan untuk menurunkan berat badan sebesar ½-1 kg per minggu. Konsumsi air putih ditingkatkan dan perbanyak konsumsi buah serta sayuran.
    • Latihan fisik dimulai secara bertahap dan terus ditingkatkan intensitasnya. Latihan fisik ini dapat dimulai dengan berjalan selama 30 menit dengan jangka waktu 5 kali seminggu dan dapat ditingkatkan menjadi 45 menit dalam jangka waktu 5 kali seminggu.
    • Anda perlu ingat segala sesuatu yang berlebihan merupakan suatu hal yang kurang baik.

    Untuk kondisi sering kencing yang anda alami bisa disebabkan karena gangguan fungsi saraf berkemih, dimana anda kesulitan menahan kemih sehingga cepat inging berkemih. Selain itu juga bisa disebabkan karena asupan cairan harian yang cukup banyak, karena besarnya pengeluaran air lewat berkemih akan hampir sebanding dengan besarnya asupan cairan yang anda minum setiap harinya. Namun untuk memastikan kondisi ini, anda sebaiknya memeriksakan diri anda pada dokter. Jika ingin melakukan pengaturan berat badan, sebaiknya anda juga berkonsultasi pada dokter, ahli gizi dan juga ahli kebugaran tubuh.

    Semoga jawaban ini membantu.

     

    dr. Aldy Valentino