Tanya Dokter

  • apa perbedaan wasir dengan ambeien?

  • Hai dok, Apa bedanya antara wasir dg ambeien? Apabila BAB yg mengeras sehingga kluar daging sbesar klereng di "jalan belakang" itu tanda wasir/ ambeien dok? &bagaimana cara pencegahan/ pengobatannya? Mohon penjelasannya Terimakasih

    Halo,   Wasir dan Ambeien adalah penyakit yang sama. Ambeien / wasir merupakan nama lain dari penyakit yang dikenal dengan nama hemoroid pada istilah medis. BAB keras dan adanya benjolan yang keluar saat meneran bisa saja merupakan salah satu tanda wasir yang sering dikeluhkan banyak orang. Wasir adalah pelebaran pembuluh darah vena pada bagian dubur akibat aliran darah balik vena yang tidak sempurna akibat kerusakan pada katup vena. Biasa diderita pada orang yang sering mengalami konstipasi (BAB keras) dan kebiasaan meneran atau orang dengan pekerjaan yang banyak menggunakan otot perut dan terjadi peningkatan tekanan dalam perut yang lama. Baca topik Wasir. Gejala wasir interna (wasir dalam) dikategorikan menjadi 4 tingkatan dengan keluhan yang khas dan penanganan yang masih bisa dilakukan pada tiap tingkatan tahap gejala :

    1. Stage 1 = BAB berdarah/ disertai tetesan darah merah segar saat BAB. Biasanya benjolan hanya terjadi setempat dan berukuran kecil . Penanganan bisa diberikan dengan pola makan dan obat topikal, suppositoria maupun minum.
    2. Stage 2 = Terdapat benjolan yang  keluar tiap BAB namun bisa masuk sendiri setiap berhenti meneran tanpa perlu tindakan khusus. Penanganan yang diberikan adalah dengan diberikan obat minum untuk mengurangi pembengkakan  dan perubahan pola makan serta hidup sehat.
    3. Stage 3 – Benjolan akan keluar saat meneran dan Membutuhkan tindakan pemasukkan benjolan dengan bantuan dorongan dari luar karena benjolan tidak bisa masuk secara otomatis . Terdapat rasa nyeri pada saat BAB dan meneran, duduk dll. Dibutuhkan tindakan operatif.
    4. Stage 4 = Terdapat benjolan keluar , nyeri yang sangat dan berdarah serta tidak bisa didorong kembali. Membutuhkan tindakan operatif.
    Sementara wasir luar (wasir eksterna) biasa terdapat benjolan di sekitar cincin anus yang bengkak dan nyeri, jika terjadi komplikasi bisa menimbulkan trombosis vena yang sangat nyeri dan membutuhkan tindakan operatif. Penanganan wasir secara umum bisa dikategorikan menjadi :
    • Obat oles/ topikal.
    • Obat suppositoria.
    • Obat minum.
    • Injeksi sklerosan.
    • Pengikatan vena.
    • Koagulasi/ kauter.
    • Perubahan pola makan yang sehat dengan memperbanyak sayuran dan buah (tinggi serat) dan banyak mengkonsumsi cairan.
    • Obat laksatif/ pencahar.
    • Menghindari kebiasaan meneran.
    Pencegahan yang bisa dilakukan untuk penderita wasir adalah :
    1. Olahraga.
    2. Makan makanan kaya serat = buah, gandum, sereal, sayuran dll.
    3. Minum banyak cairan.
    4. Hindari duduk terlalu lama.
    5. Hindari meneran kuat.
    6. Hindari mengangkat barang berat.
    Semoga membantu.   dr. Yusi