Tanya Dokter

  • Gejala-gejala HIV

  •  saufal
    Anggota

    saya laki2 brumur 32 th, baru 9 hari lalu saya melakukan hubungan intim pada waktu brhubungan menimbulkan luka lecet di pangkalan kelamin saya sama luka di dalam jalur jalan air kecil luka itu berair trus menimbulkan rasa gatal dan perih pasangan saya juga ngalamin seperti ituperih nyeri juga gatal kemaluan nya selalu basa kadang ada brcak darah, kalau saya sendiri kencing trasa perih tapi tidak brnanah juga tidak brdarah hanya luka yang di luar trus berair yang menimbulkan rasa gatal dan perih, 9 hari kemudian tepat nya tadi siang muncul bintik" yang berair yang sangat gatal sekali stelah di korek kluar air yang jadi luka, di pangkalan paha ada rasa pegal tapi kondisi badan saya tidak sprti orang flu tapi pasangan saya mengalami flu badan lemah kadang merasa dingin apakah jenis penyakit yang kami derita dengan pasangan saya itu trmasuk HIV dock?

    Hai Saufal, HIV ( Human Immunodeficiency Virus) adalah salah satu jenis dari beberapa jenis penyakit yang ditularkan melalui aktivitas sexual. Beberapa diantaranya yang memiliki gejala seperti yang anda sampaikan diatas adalah:

    • Penyakit sifilis / raja singa
    • Penyakit yg diakibatkan oleh bakteri klamidia
    • penyakit kutil kelamin yang diakibatkan oleh virus HPV/Human Pappiloma Virus
    • penyakit herpes yang menyerang genitalia.
    Untuk mengetahui lebih dalam tentang penyakit menular sexual ini, anda dapat mencoba cek Disini sementara itu, gejala HIV di tahap awal biasanya berupa gejala flu, seperti batuk, sakit tenggorokan, demam, nyeri otot, ruam merah yang tak gatal, dll. Umumnya dapat berlangsung sampai dengan 1 bulan. Untuk mengetahui apakah anda terkena HIV atau tidak, kami anjurkan untuk mengunjungi layanan klinik terdekat yang menyediakan fasilitas VCT/ Voluntary Counseling and Testing,  yang pada umumnya menyediakan : deteksi penyakit menular sexual, konseling sebelum test, test, dan konseling setelah hasil test keluar. Test paling cepat dapat dilakukan 2 minggu sampai 1 bulan setelah aktivitas sexual. Demikian info yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat.