Tanya Dokter

  • Penanganan sakit perut disertai sesak napas

  •  Dian Pertiwi
    Anggota

    Halo Dokter.. Saya Dian, sudah 2 hari 3 mlm ini perut saya sakit. Sekarang sakitnya sdh mulai sembuh tp saya merasa sesak nafas. Gejala awalnya itu perut terasa sakit, badan terasa ngeri, keringat dingin, dan diare( tp kotoran yg keluar hanya bentuk cairan kuning sprt air kencing dan ada putih2nya) perut saya kembung sakitnya di atas pusar. Saya takut, karna sy makan trs tp sisa2 mkanq ga keluar, dan mungkin itu yg mmpengaruhi perut saya kembung, trs sekarang saya sesak nafas dan blm bisa periksa kedokter..saya coba makan obat diare, maag, minum minuman pelancar pncernaan, sama pisang..

    Dian Pertiwi  Dian Pertiwi
    Anggota

    Maaf, nyeri maksud saya😄

    Halo Dian, Nyeri perut yang disertai dengan diare biasanya merupakan gejala gastroenteritis. Gastroenteritis adalah peradangan pada lambung dan usus akibat adanya infeksi baik virus, bakteri, maupun parasit. Penyakit ini menular lewat makanan dan minuman yang terkontaminasi penyebabnya. Beberapa gejala yang dapat dialami penderita adalah:

    • sakit perut
    • diare
    • mual
    • muntah
    • demam
    • tidak nafsu makan
    • lemas karena dehidrasi
    Penanganan yang utama pada penderita gastroenteritis adalah dengan menjaga asupan cairan untuk mencegah dehidrasi. Anda dapat mencoba minum larutan oralit untuk mengganti cairan dan garam tubuh yang hilang dari diare. Untuk meredakan sakit perut, Anda dapat mencoba minum parasetamol atau pereda kram perut lainnya; atau Anda dapat mencoba melakukan kompres air hangat pada bagian perut yang nyeri. Selain gastroenteritis, kondisi lain yang dapat menyebabkan keluhan ini misalnya: alergi makanan, sindrom iritasi usus (irritable bowel syndrome), radang usus, intoleransi terhadapa laktosa, dan sebagainnya. Bila gejala menetap atau bertambah buruk, sebaiknya Anda memeriksakan dir ke dokter sehingga dokter dapat menilai kondisi umum Anda dan dapat memebrikan pengobatan yang tepat. Bila perlu dokter akan menyarankan melakukan pemeriksaan darah dan pemeriksaan tinja. Jagalah kerbersihan tangan Anda terutama ketika akan makan. Hindari makan makanan yang tidak terjaga kebersihannya. Perbanyak istirahat dan minum air putih atau oralit. Semoga membantu.   dr. Aloisia