Tanya Dokter

  • Solusi atasi sakit kepala sebelah kanan

  •  Sonia Lidwina
    Anggota
    Dok, mau nanya nih Saya sering sekali merasakan kepala sebelah kanan saya sakit. Hal ini saya rasakan semenjak bulan 4 kmrn. Bbrp bulan kmrn hanya sekali2 saja kepala saya sakit, tapi semakin ke sini setiap hari saya merasakan sakit kepala di sebelah kanan. Bbrp org medis mengatakan vertigo, tp knp obat yg saya makan itu gak pernah buat saya merasa sembuh atau terasa berkurang? Padahal itu obat vertigo yg diberikan pihak medis. Jujur merasakan sakit seperti inj setiap hari sangatlah sakit sekali. Yg ingin saya tanyakan, sebenarnya apa penyakit yg saya derita? apa jenis obat yg dokter sarankan? Dan apa rekomendasi dokter utk saya lakukan? Trrimakasih.

    Halo Sonia......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Gangguan kesehatan yang Anda alami dengan keluhan utama berupa timbulnya rasa sakit kepala sebelah kanan, paling sering disebabkan oleh karena yang dalam bahasa medis disebut sebagai migrain.

    Migrain sendiri merupakan rasa sakit pada kepala yang umumnya terasa hanya sebelah, dimana rasa sakit dapat berdenyut dan juga menusuk, dan disertai mual, muntah, atau penglihatan yang kabur. Rasa sakit ini dapat berlangsung selama beberapa jam hingga tiga hari atau lebih.

    Sampai saat ini migrain belum diketahui penyebab pastinya, akan tetapi para ahli menduga bahwa migrain timbul karena gangguan pada aktivitas otak yang mengganggu keseimbangan kimia dan pembuluh darah otak. Kondisi ini juga dapat dipicu oleh hormon, makanan, cahaya, stress psikologis, bebauan, suara.

    Selain oleh karena migrain, kondisi yang Anda alami juga dapat disebabkan oleh : hemicrania continua, sakit kepala cluster, infeksi seperti meningitis, Peradangan atau gangguan dalam pembuluh darah disekitar otak, tekanan dalam rongga kepalanya meningkat atau menurun, tumor otak.

    Jika sampai saat ini sakit kepala masih saja terjadi, maka solusi yang terbaik adalah dengan menemui dokter spesialisnya neurologi atau saraf, dan mendiskusikan masalah ini, agar Anda dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut secara langsung.

    Beberapa pemeriksaan yang kemungkinan akan dilakukan oleh dokter terkait masalah yang anda alami, diantaranya meliputi : pemeriksaan fisik, tes darah, CT scan kepala, MRI scan kepala, dll., sehingga akhirnya penanganan yang tepat dapat diberikan sesuai dengan penyebab pasti yang nantinya diketahui.

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    SAKIT KEPALA

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.jati