Tanya Dokter

  • Cara atasi sakit punggung berkelanjutan ?

  •  Ahmad Yani
    Anggota

    dok saya mau nanya nih,punggung saya sakit dok,namun udah berlangsung skitar 2 mingguan jalan 3 minggu dan tak kunjung hilang dok,saran dan cara menyembuhkan serta perlukah diperiksakan ke rumah sakit, dok ? terima kasih

    Halo Ahmad, terima kasih untuk pertanyaannya.

    Nyeri punggung merupakan rasa tidak nyaman, seperti kaku atau sakit, yang dapat dirasakan disepanjang tulang belakang dari leher hingga ke tulang ekor. Sebagian penyebab nyeri punggung ini tidak serius sehingga dapat menghilang dengan sendirinya dan sebagian membutuhkan penanganan lebih lanjut. Beberapa kemungkinan yang dapat mendasari rasa nyeri tersebut, diantaranya:

    • Penggunaan otot daerah punggung secara berlebihan akibat aktivitas atau stres sehingga menyebabkan kaku dan nyeri otot (myalgia)
    • Adanya kesalahan posisi saat tidur atau posisi kurang baik (tidak ergonomis) ketika membungkuk, mengangkat berat, atau mengambil benda tertentu. Jika kesalahan posisi ini terjadi terus menerus dan dibiarkan, maka akan menimbulkan gangguan otot, persarafan, hingga postur pada tulang belakang
    • Adanya saraf daerah punggung yang terjepit (hernia nucleus pulposus (HNP)). Umumnya rasa nyeri yang dialami tidak hanya sebatas daerah punggung, namun juga dapat menjalar ke sisi lain tubuh
    • Arthritis atau radang sendi
    • Masalah pada tulang belakang, seperti stenosis (menyempitnya kanal ditulang belakang)
    • Proses penuaan tulang belakang, dan lain-lain

       

      Merupakan hal sulit untuk membedakan apakah nyeri punggung disebabkan kondisi yang serius/tidak tanpa adanya pemeriksaan secara langsung. Oleh karena itu, jika nyeri tidak juga mereda maka sebaiknya Ahmad memeriksakan diri ke dokter umum atau dokter spesialis ortopedi. Dokter akan membantu mencari tahu penyebab nyeri berdasarkan tanya jawab, pemeriksaan fisik, dan penunjang (rontgen tulang belakang, CT Scan, hingga MRI jika diperlukan). Dokter kemudian akan memberi terapi yang sesuai. Untuk sementara ini, sebaiknya Anda menghindari posisi yang tidak ergonomis (posisi yang salah) ketika meraih benda yang jangkauannya jauh, mengangkat berat dan membungkuk terlalu lama, membatasi aktivitas fisik yang berat, melakukan kompres hangat pada bagian yang nyeri, dan menggunakan bantal dan kasur yang dapat menopang tulang belakang dengan baik.

      Artikel berikut ini dapat dibaca sebagai tambahan: nyeri punggung.

      Semoga bermanfaat.

      dr. Sonia L