Tanya Dokter

  • Apa sariawan vagina bisa sembuh?

  •  Herma Kurnia
    Anggota

    Dok saya seorang irt usia 25 menggunakan kontrasepsi iud ketika melakukan pemeriksaan katanya ada inveksi vagina/sariawan vagina saya takut itu gejala penyakit mematikan/menular gimana nya dok cara menyembuhkanya

    Herma Kurnia  dr. Rico N
    Dokter

    Halo Herma, Istilah sariawan vagina umum digunakan terhadap beberapa jenis penyakit pada daerah kewanitaan. Biasanya yang sering diistilahkan sebagai sariawan vagina adalah :

    meski demikian perlu juga diwaspadai jika ada sariawan yang cenderung meluas/melebar berbulan-bulan dan tidak sembuh-sembuh karena dapat menjadi tanda suatu keganasan / kanker. Jika disebabakan oleh jamur atau herpes, maka merupakan penyakit yang dapat disembuhkan, maka anda tidak perlu khawatir. Periksakan diri ke dokter untuk memastikan jenisnya, jika sudah diketahui maka akan diberikan pengobatan yang sesuai. Jika herpes maka dibeikan antivirus, jika kandida maka akan diberikan anti jamur. Selanjutnya, pastikan anda menggunakan obat sesuai aturan. Kenakan celana dalam yang mudah menyerap keringat dan jangan terlalu sering menggunakan produk pembersih kewanitaan. Jika ternyata herpes, jangan melakukan hubungan seksual hingga dinyatakan sembuh karena herpes merupakan suatu penyakit menular seksual. potensi penyakit pada vagina demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.