Tanya Dokter

  • Tanda awal terjadinya kehamilan

  •  Niie Arniie
    Anggota
    Siang dok .. Saya mau tanya , saya menikah udah hampir 2 bulan . Saya trakhir menstruasi tgl 2 oktober , hari ini blm dateng bulan juga , akhirnya sya coba buat tes , di testpect garis merah nya 2 . Tapi saya ngga merasa mual sperti kbanyakan wanita , pusing jga kdang'' aja . Apa bener saya positif dok ?

    Halo Niie, terima kasih untuk pertanyaannya.

    Perlu untuk diketahui, kehamilan terjadi apabila sel telur dari wanita bertemu dengan sperma dari pria. Untuk mengetahui apakah Anda benar hamil/tidak, Anda dapat memperhatikan beberapa tanda-tanda kehamilan berikut ini:

    • Tanda pasti hamil: ditemukan adanya gerakan dan denyut jantung janin melalui USG
    • Tanda mungkin hamil: hasil testpack positif dan saat diperiksa teraba bagian tubuh janin
    • Tanda tidak pasti hamil: terlambatnya menstruasi, terdapat bercak darah (spotting), morning sickness (gejala mual dan muntah tanpa sebab yang jelas), kram perut, perubahan pada payudara, lebih sering buang air kecil, hilangnya nafsu makan, sensitif terhadap bau, pusing, moody (suasana hati mudah berubah), dll

     

    Berdasarkan informasi tersebut, telat menstruasi dan hasil testpack positif masih termasuk tanda tidak pasti hamil dan tanda mungkin hamil, yang berarti meskipun kedua hal ini ditemui, masih ada kemungkinan bahwa Anda tidak hamil.

    Meskipun sebagian besar hasil testpack akurat, namun testpack yang positif palsu (hasil positif tapi tidak hamil) juga dapat ditemui pada kondisi seperti hamil anggur/hamil kimia, pemakaian obat tertentu, tumor yang menghasilkan hormon hCG, dan saat pemeriksan alat terlalu lama direndam dalam urin.

    Oleh karena itu, jika masih ragu tidak ada salahnya Niie memeriksakan diri ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk dilakukan USG (ultrasound). Dokter akan membantu mendeteksi apakah ada gestasional sac (kantong kehamilan) atau tidak dan memastikan apakah Niie benar sedang mengandung atau tidak.

    Artikel mengenai tanda kehamilan dapat dibaca sebagai tambahan.

    Sekian, semoga bermanfaat.

    dr. Sonia L