Tanya Dokter

  • apa saya bisa terkena gejala diabetes tipe 2?

  • Asslmkm,dok saya mo tnya,umur sya skr 28th,alm.ayah sya dlu sakit diabet,beliau pun mninggl krn pnykt itu,apkh bsa menurun kpda saya?krna sya mnglmi gjla sprti yg sya baca d atas,sprti sering buang air kcl,gtl2,dan brt bdn sya pun over,klo ia,apa ada pncghnny?n ap bsa d sembuh kn?

    Hai.. Jika orang tua Anda memiliki penyakit Kencing manis / Diabetes maka Anda akan beresiko lebih tinggi dibanding orang lain yang orang tuanya tidak diabetes. Namun hal ini bukan berarti Anda pasti akan terkena penyakit ini. Beberapa faktor resiko yang bisa mempengaruhi seseorang terkena diabetes adalah:

    • Genetik.
    • Pola makan yang tidak sehat.
    • Kelebihan berat badan.
    • Kurangnya aktivitas fisik / olahraga .
    Jika Anda mengalami gejala seperti sering pipis, selalu merasa haus dan lapar, terjadi penurunan berat yang cukup drastis sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter untuk pemastian penyebab penyakit Anda. Diagnosa penyakit diabetes tidak serta merta hanya berdasar gejala saja, dokter akan melakukan pemeriksaan lain seperti:
    1. Pemeriksaan darah dan urin.
    2. Tes toleransi glukosa oral.
    Dari hasil pemeriksaan diatas bisa ditentukan anda penderita diabetes atau terjadi gangguan toleransi glukosa ( belum diabetes). Anda bisa membaca tentang diagnosis diabetes pada laman beerikut ini: http://www.alodokter.com/diabetes-tipe-2/diagnosis/ Jika terjadi gangguan toleransi glukosa anda perlu melakukan perubahan gaya hidup secara signifikan sebelum anda menjadi penderita diabetes. Langkah pencegahan yang bisa Anda lakukan adalah :
    1. Biasakan pola makan yang sehat dan seimbang.
    2. Kurangi asupan gula berlebih.
    3. Olahraga teratur.
    4. Tidak merokok / minum minuman keras.
    5. Rutin melakukan deteksi dini penyakit diabetes.
    Penyakit Diabetes tidak bisa disembuhkan, namun dengan penanganan yang tepat dan holistik penyakit ini bisa Anda kontrol sehingga Anda bisa beraktivitas dengan normal dan memperlambat komplikasi yang timbul.   Semoga bermanfaat, Salam   dr. Yusi