Tanya Dokter

  • Gejala gangguan jiwa

  •  Icha Nafisa
    Anggota

    Selamat pagi dok. Umur saya 18 tahun,saya baru lulus sekolah.Sudah 5 bulan ini saya sangat terganggu dengan keadaan saya,saya sering merasa deg2an d dada saya kadang smpe trasa ngilu,napas pendek,saya slalu cemas,takut tanpa sebab.Tengah malam kdang terbngun krn hal ini,saya juga gampang marah karna hal sepele.Kadang saat kesal d dalam diri saya seperti ada yang menyuruh saya melukai diri sendiri atau orang lain,tapi diri saya sendiri melarang itu.Saya memang lebih suka main di rumah dok,saya pikir saya pemalu tapi beberapa bulan ini lebih parah dok,saya sadar ini bukan malu tapi takut dan ga nyaman utk bertmu org lain.Saya keluar rumah kalau sngat mendsak saja,tp apapun alsanya saya slalu brusaha agar tdk keluar. 1 bulan kmrn deg2an dll saya sudah tak mrasakanya,yg sya rasakan hanya lbih gmpang marah,ga suka orang lain mengajak ngobrol hanya sbuk dgn pikran saya sndri,smpe2 saya bngung apa yg saya pikirkan.Saya sering mrasa ini bukan saya atau ini bukan tempat saya,saya hrusnya ga disini kdang saya bngung saya siapa.D otak saya pikiran2 tsb tiba2 suka dtang,smpe saya pusing,saya mengtasinya dgn tdur aja dok,jd saya suka d marahn krn sring tdur.Saya juga sering brpkir utk bnuh diri dok.Apa saya mengalami gangguan jiwa?Karena saya pernah mendngar kalo ibu saya pernah k psikiater. Mohon jawabanya dok.Terimakasih.

    Halo,   Pemastian gangguan kondisi kesehatan mental perlu dilakukan oleh pengamatan dan penilaian seorang ahli ( psikiater) secara langsung. Mengkonsultasikan kesehatan mental secara online semata akan sulit untuk dilakukan. Karena itu sangat disarankan bagi Anda untuk memeriksakan diri ke dokter psikiater atau psikolog yang terdekat. Anda juga bisa memngajak orang yang paling Anda percaya ( ibu ) untuk menemani Anda. Keluhan Anda bisa disebabkan oleh :

    1. Gangguan kepribadian
    2. Kecemasan berlebih.
    3. Skizofrenia
    4. Gangguan ambang.
    5. dll.
    Segera periksakan diri Anda agar Anda tidak mengalami kekhawatiran berlebih mengenai kondisi Anda. Baca artikel Kesehatan mental. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi