Tanya Dokter

  • Penyebab gatal di pangkal penis dan benjolan di kepala penis

  •  rez mevlan
    Anggota

    Dok , sekitar 6 bulan yang lalu saya mengalami gatal gatal di pangkal penis , bentuknya seperti benjolan dan sangat gatal, karena digaruk Benjolan itu jadi berair lalu kering , beberapa minggu kemudian di kepala penis ada seperti benjolan lecet dan sakit ketika bergesekan dengan celana, lalu disekitar selangkangan juga gatal dan luka luka, Saya juga mengalami pilek tapi cuman sehari, saya juga mengalami gatal gatal di tangan dan kaki , setelah itu gatal gatal sempat sembuh tapi sekarang timbul lagi, di jari jari telapak tangan juga ada bintik gatal dan berair, sempat sembuh, tapi sekarang ada lagi, dan seluruh anggota keluarga juga mengalami gatal gatal seperti scabies, saya berumur 15 tahun, tidak pernah berhubungan intim , bahkan sebelumnya saya tidak pernah masturbasi . Apakah saya terkena sifilis? Atau scabies seperti anggota keluarga saya yang lainnya?

    Hai Rez Luka pada penyakit sifilis tidak disertai gatal atau nyeri, dan juga bila Anda tidak pernah berhubungan seksual maka kemungkinan Anda tidak terkena sifilis. Dari gejala yang Anda alami lebih cenderung pada gejala penyakit skabies, dimana gejalanya antara lain:

    • Gatal-gatal yang dapat terkena pada seluruh bagian tubuh seperti sela jari, sela paha, sekitar kelamin, ketiak, tangan, dll
    • Biasanya gatal meningkat pada malah hari
    • Adanya riwayat gejala serupa pada anggota keluarga dirumah, karena penularannya dapat melalui kasur, pakaian, alat mandi sehari-hari.
    Untuk pastinya diperlukan pemeriksaan langsung oleh dokter. Pada pengobatan skabies perlu dilakukan pengobatan pada seluruh anggota keluarga yang terkena dirumah, karena jika hanya salah satu yang diobati dapat tertular kembali. Selain itu juga perlu menjaga kebersihan, mencuci semua peralatan mandi, mencuci sprei, kasur, sofa yang dapat dipanaskan dengan strika atau dijemur karena mungkin saja tungau/kutu penyebab skabies masih terdapat disitu. Gejala gatal juga dapat terjadi pada penyebab lain seperti:
    • Infeksi jamur
    • Infeksi bakteri
    • Alergi
    • Stres psikologis
    • Dan lainnya.
    Bila gatal sebaiknya Anda tidak menggaruknya karena selain dapat menyebabkan gatal semakin hebat, juga menyebabkan luka dan berpotensi terjadinya infeksi bakteri sehingga menyebabkan semakin sulit sembuh. Informasi mengenai skabies dapat Anda baca pada artikel berikut ini: Skabies (kudis). Seemoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william