Tanya Dokter

  • Apa saya terkena sifilis?

  • Pada selangkangan jg kulit dekat ketiak muncul bintik gatal

    Hai,   Bintik gatal pada selangkangan dan ketiak bukan merupakan tanda / gejala dari sifilis. Untuk mengetahui apakah Anda menderita sifilis atau tidak dibutuhkan pemeriksaan lain secara langsung dan juga pemeriksaan penunjang lainnya seperti tes darah. Sifilis  merupakan infeksi menular seksual yang disebabkan kuman treponema pallidum.  Penularan penyakit ini terjadi melalui kontak seksual dari seseorang yang terinfeksi, bisa dalam bentuk seks oral maupun anak. Selain itu penyakit ini juga bisa ditularkan melalui darah yang terinfeksi. Gejala penyakit ini kadang tidak disadari sama sekali karena gejala yang timbul pada awal infeksi adalah gejala yang ringan dan kadang tidak menimbulkan keluhan sama sekali. Tahapan gejala sifilis timbul pertama kali 3 minggu pasca eksposure dengan gejala :

    1. Tahap Primer = ulkus/ luka di alat kelamin yg tidak nyeri dan tidak gatal. Biasa cuma ada 1 luka namun bisa juga timbul multiple/lebih dari 1 dan biasa sembuh sendiri setelah 3-6 minggu. Jika tidak ditangani maka akan segera berkembang menjadi tahap sekunder yang lebih berbahaya.
    2. Tahap sekunder =  Setelah terjadi penyembuhan luka, kemudian timbul ruam/ bercak kemerahan yang timbul terutama pada telapak tangan dan kaki (namun bisa juga ke seluruh tubuh), sakit kepala, nyeri sendi, pembengkakan kelenjar limfe, dll yang gejala ini akan berulang ulang terus terjadi pada penderita selama beberapa waktu.
    3. Tahap laten = sifilis akan mengalami masa tenang selama bertahun tahun tanpa ada gejala apapun. Namun kuman tetap berada dalam tubuh.
    4. Tahap tersier = terjadi  bertahun tahun setelah infeksi primer, bisa menyerang organ mana saja seperti mata, otak, jantung , pembuluh darah dll dan bisa menyebabkan kematian jika tidak segera mendapat penanganan.
    Diagnosis sifilis bisa didapatkan dengan memeriksa cairan yang keluar dari ulkus saat tahapan primer atau dengan melakukan tes darah 3 bulan pasca eksposure. Penanganan sifilis adalah dengan pemberian antibiotik. Hingga saat ini pemberian antibiotik penisilin secara injeksi dianggap masih cukup efektif mengobati sifilis. Cara pemberian tergantung dari gejala tahapan sifilis pada masing masing pasien. Pencegahan PMS sifilis ini adalah dengan melakukan :
    1. Berpantang seks bebas
    2. Gunakan kondom, dental dam saat seks oral.
    3. Setia kepada pasangan
    4. Berhati hati saat melakukan tindik/ tatto
    Baca artikel Sifilis di SINI. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi