Tanya Dokter

  • apa sisa gigi berlubang harus dicabut?

  •  Mamah Alifiya
    Anggota

    malam dok,mau ikut gabung donk?saya mau tanya dok gigi saya bolong bahkan udah abis tinggal akar nya apa sisa akar nya perlu di cabut?

    Hai,   Sisa akar gigi yang tidak bisa ditambal bisa Anda periksakan ke dokter untuk pencabutan atau tindakan lain. Memang sisa akar sebaiknya dibersihkan supaya tidak menimbulkan keluhan di kemudian hari seperti :

    1. Bau mulut
    2. Potensi terinfeksi kuman
    3. Menganggu keindahan mulut
    4. gangguan pada gusi
    5. dll
    Namun jika Anda berkenan sisa akar gigi bisa diselubungi jacket gigi supaya gigi Anda tidak kehilangan fungsinya sebagai pelumat makanan. Dan susunan gigi akan tetap rapi (tidak bergeser) akibat pencabutan gigi. Untuk mengetahui apakah sisa akar gigi Anda dapat diselubungi jacket gigi maka perlu dilakukan pemeriksaan ke dokter gigi. Dokter gigi akan memeriksa kondisi gigi Anda dan bisa memberikan pilihan terbaik untuk Anda.     Semoga membantu.     dr. Yusi

    Mamah Alifiya  Mamah Alifiya
    Anggota

    terimakasih atas infor masi nya,oy dok apa yang d maksud abses gigi dan gimana ciri ciri nya?

    Hai, Abses gigi adalah infeksi yang menyerang gigi dan jaringan sekitar gigi dan menghasilkan nanah / pus sehingga menimbulkan rasa nyeri. Abses gigi bisa ditandai dengan gejala sebagai berikut :

    1. Nyeri pada gigi
    2. Gusi bengkak
    3. Timbul lubang pada salah satu sisi gusi (fistula) sebagai jalan keluar dari abses
    4. Gigi goyang
    5. Bau mulut
    Penanganan yang diberikan adalah berupa antibiotik oral dan amalgetik. Jika gigi masih bisa dipertahankan biasanya gigi akan dinersihkan dan mungkin membutuhka perawatan dari saraf gigi. Untuk info yang lebih jelas, Anda dapat menanyakan dokter gigi terdekat mengenai kondisi gigi Anda.   Semoga membantu.   dr. Yusi