Tanya Dokter

  • Apa solusi haid lebih dari 10 hari selain pergi dokter?

  •  Dewiasma
    Anggota
    Sore Dok, saya belum nikah umur 21 tahun dok mohon solusinya dan pencerahannya dong.. saya udah haid lebih dari 10 hari tapi belum berhenti juga,biasanya saya haid 3-7 hari udah selesai. Tapu bulan ini tdk dan masih ngluarin darah dikit campur lendir smpai sekarang dah jalan 12 hari. Kira" keadaan saya ini masih di normalkah atau sudah gangguan ya dok dan kira" apa penyebabnya dan tipsnya untuk saya.

    Halo Dewiasma, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Menstruasi adalah peluruhan lapisan yang disebut endometrium di dalam rahim. Menstruasi normalnya terjadi dengan jarak 21-35 hari dan lamanya adalah 2-7 hari. Perdarahan menstruasi yang jumlahnya sangat banyak atau lamanya menstruasi lebih dari 7 hari  disebut juga dengan menorrhagia. Beberapa kemungkinan penyebab menorrhagia antara lain:

    1. Disfungsi ovarium yaitu kondisi dimana ovarium tidak melepaskan sel telur saat masa subur (siklus anovulasi)
    2. Penggunaan kontrasepsi hormonal (seperti pil KB, KB suntik, KB susuk)
    3. Penggunaan alat kontrasepsi dalam rahim (AKDR/IUD)
    4. Gangguan hormonal seperti pada obesitas (kelebihan berat badan), kelainan tiroid, resistensi insulin (diabetes), PCOS (polycystic ovary syndrome - sindrom polikistik ovarium) 
    5. Fibroid atau miom pada rahim
    6. Adanya polip pada rahim
    7. Adenomiosis yaitu tumbuhnya jaringan endometrium pada otot dinding rahim
    8. Kanker rahim atau kanker serviks
    9. Gangguan pembekuan darah seperti adanya gangguan trombosit (trombositopenia, trombositosis, gangguan fungsi trombosit), gangguan faktor pembekuan darah, gangguan pembuluh darah
    10. Penggunaan obat-obatan tertentu seperti aspirin, warfarin, heparin
    11. Gangguan pada hati dan ginjal

     

    Kondisi menorrhagia bukanlah kondisi yang normal (kecuali saat ini anda sedang menggunakan kontrasepsi hormonal atau IUD), sehingga perlu segera dicaritahu penyebabnya dan ditatalaksana dengan sebaik-baiknya. Untuk mengetahui lebih pasti penyebab menorrhagia yang anda alami saat ini, ada baiknya anda segera memeriksakan diri ke dokter kandungan. Dokter kandungan dapat melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mencari tahu penyebabnya seperti melakukan pemeriksaan darah, faktor pembekuan darah, pemeriksaan panel tiroid, pemeriksaan kadar hormon, pemeriksaan serviks, PAP smear, USG, dan lain sebagainya. Tata laksana yang diberikan akan menyesuaikan dengan hasil temuan. 

    Kondisi menorrhagia bisa jadi menimbulkan bahaya tertentu bagi kesehatan anda. Segera pergi ke dokter bila anda mengalami kondisi berikut:

    1. Perdarahan sangat banyak hingga harus mengganti pembalut setiap satu hingga 2 jam
    2. Terdapat gejala pusing hingga pingsan
    3. Terdapat nyeri perut hebat
    4. Terdapat demam
    5. Terdapat keputihan yang tidak normal

     

    Sekian informasi dari saya, semoga bermanfaat

     

    dr. Irna Cecilia