Tanya Dokter

  • Solusi atasi balita alergi susu sapi dan tidak suka susu soya

  • Slmat mlm dok... Mau konsultasi sedikit tentang si kecill.. Anak sya usia 2 tahun 9 bulan sudah hampir 7 blan ini batuk dan tak kunjung sembuuh .. hanya saja kadang2 reda tapi kadang timbul lagi ..sebelum nya jg pernah batuk sampai 3 blan tapi setelah ke dokter sembuh.. Dulu saat masi mengkonsumsi ASI anak saya ga pernah batuk seperti ini dok ..tapi setelah berlanjut dgn susu formula anak saya sering batuk seperti tdk ada habis nya .. Saya goba untuk mengganti susu soya tpi anak saya ga mau .. Jd solusinya gmna ya dok ??? Trmakasiih 😊😊

    Hai, Sebelum Anda mengganti susu formula anak menjadi susu kedelai, adalah hal yang bijak apabila susu tersebut digunakan sesuai indikasinya / sesuai tempatnya. Susu kedelai biasanya diindikasikan untuk mereka yang memiliki alergi susu sapi (meskipun banyak juga kasus anak yang alergi susu sapi, juga mengalami alergi terhadap susu kedelai). Periksakanlah dulu anak Anda ke Dokter, untuk memastikan bahwa anak memang betul memiliki alergi susu sapi. Jika diagnosis sudah tegak, barulah rencana modifikasi diet menjadi hal yang bijak untuk dilakukan. Jika diagnosis belum tegak, modifikasi diet demikian cenderung membuat frustrasi orang tua dan anak. Baca juga artikel tentang alergi susu sapi. Batuk-batuk pada anak bisa disebabkan oleh:

    Infeksi virus pada anak-anak merupakan penyakit yang sangat lazim; hal ini menyebabkan anak batuk yang muncul sementara dan sembuh dengan sendirinya, yang kemudian berulang lagi. Alergi susu biasanya menyebabkan sejumlah gejala yang luas seperti gatal-gatal, kulit kemerahan/berbentol, mual-muntah-diare dan sesak/napas berbunyi. Konsultasikanlah ke Dokter / Spesialis Anak untuk memastikan penyebab batuk pada anak. Mungkin diperlukan pemeriksaan foto Roentgen dan uji kulit untuk menunjang diagnosis. Setelah penyebabnya jelas, barulah penanganan yang tepat bisa diberikan. Tips berikut mungkin membantu:
    • Pantau berat badan anak secara berkala; pastikan berat badan anak memiliki kecenderungan untuk naik, bukan menetap atau malah menurun
    • Berikan berbagai macam makanan setiap harinya untuk menunjang nutrisi selama masa pertumbuhan anak (baca juga tips menyiasati anak sulit makan)
    • Catat dan selalu ingat jadwal imunisasi anak
    Sekian, semoga bermanfaat. dr. Radius Kusuma