Tanya Dokter

  • apa solusi untuk keputihan?

  • Siang dok,

    saya wanita berusia 26 tahun, belum menikah. Akhir2 ini sering sekali mengalami keputihan yang membuat tidak nyaman. keputihannya sedikit berlendir, berwarna putih seperti susu kental manis, tidak berbau, tapi membuat gatal di area sekitar Miss V. Saya sudah mencoba mengatasinya dg membasuhnya menggunakan antiseptic Betadine Feminin Hygine, tp masih gatal, dok. Intensitas keluarnya sih tidak terlalu banyak, tapi gatalnya itu kadang membuat gak nyaman, dok.

    Yang mau saya tanyakan, keputihan seperti ini apakah keluar dari rahim saya, atau ada masalah dari area sekitar vagina ya, dok? sebab saya merasakan jika ada cairan yg keluar dari vagina saya, lalu seketika itu saya merasa gatal dan lembab. Mohon solusinya, dok, agar keputihan ini cepat teratasi dg baik. Tks

    Hai, Keputihan merupakan keluhan yang sering dialami oleh setiap wanita. Keputihan dapat timbul karena proses siklus normal dari tubuh wanita, maupun ada hal tidak normal yang mendasarinya. Keputihan yang normal pada umumnya berwarna bening, tidak berbau, tidak menyebabkan keluhan seperti gatal atau nyeri pada daerah kewanitaan. Keputihan yang normal atau fisiologis biasa terjadi pada saat ovulasi (sekitar hari ke14 sejak menstruasi hari pertama), kehamilan, dan menjelang menstruasi. Keputihan yang tidak normal dapat terjadi karena beberapa hal, diantaranya :

    1. infeksi jamur - cairan keputihan berwarna putih susu, menggumpal, tidak berbau, gatal
    2. infeksi trichomoniasis - cairan kuning kehijauan, berbau tajam
    3. infeksi bakterial vaginosis - cairan putih keabu-abuan, berbau amis,
    4. kanker serviks - cairan keputihan sering bercampur darah
    5. kanker rahim
    6. dan lainnya
    Agar dapat mengetahui secara pasti penyebab keputihan sebaiknya Anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik secara langsung, menggunakan spekulum bila diperlukan, dan menyarankan untuk melakukan pemeriksaan penunjang yang dibutuhkan seperti pemeriksaan sampel cairan keputihan. Pengobatan yang diberikan akan berbeda tergantung apa yang ditemukan menjadi penyebab dari keputihan tersebut. Berikut merupakan beberapa hal sederhana yang dapat Anda lakukan untuk membantu mengatasi keputihan :
    1. jaga daerah kewanitaan agar tidak lembap dengan mengganti celana dalam setiap lembap atau basah
    2. jangan terlalu sering menggunakan pantyliner
    3. bersihkan daerah kewanitaan dengan air hangat, tanpa produk perawatan
    4. jangan terlalu sering menggunakan produk perawatan daerah kewanitaan
    5. gunakan pakaian dalam berbahan katun
    6. jangan menggunakan pakaian dalam yang terlalu ketat
      Semoga membantu, dr. Dian Paramitasari