Tanya Dokter

  • Apa solusi untuk keringat berlebih

  •  sukar
    Anggota

    Malam dok, saya usia 39 tahun bekerja di instansi pemerintah. Saya mempunyai keluhan keringat berlebih (telapak tangan, kaki, ketiak dan hampir seluruh badan) membuat saya tidak bisa mengikuti berbagai kegiatan...apakah bisa diatasi dok ? mohon solusi dok ??? terima kasih dok

    Halo, Sukar. Keringat berlebih disebut juga dengan hiperhidrosis. Keringat dihasilkan oleh kelenjar keringat. Banyak faktor yang membuat  berkeringat. Penyebab paling umum adalah kenaikan suhu tubuh kita, karena faktor lingkungan atau selama berolahraga. Terkadang, kenaikan suhu tubuh juga dikarenakan faktor hormonal dan tingkat stres.Produksi hormon Adrenalin memacu tubuh untuk berkeringat. Disaat kondisi tubuh kurang sehat, Anti-bodi yang berperan melawan infeksi juga meningkatkan suhu tubuh. Ketika suhu tubuh meningkat, keringat yang dihasilkan sebagai cara alami tubuh untuk menurunkan suhu.
    Keringat dihasilkan oleh 2 kelenjar utama: Apocrine dan Eccrine. Kelenjar Apocrine terletak di area ketiak kita, sangat dekat dengan akar rambut ketiak. Kelenjar ini aktif ketika kita sedang berolahraga dan merasakan emosi yang kuat seperti stres dan khawatir, dan menghasilkan keringat yang kaya akan protein dan lemak. Kelenjar Eccrine terletak di hampir seluruh lapisan kulit kita dan menghasilkan keringat yang mengandung 99% unsur air. Kelenjar ini berperan dalam proses Thermaregulation dan bekerja aktif untuk menurunkan suhu tubuh. Kelenjar ini lebih aktif di area wajah, kepala, tangan dan kaki. Hiperhidrosis dapat terjadi karena aktivitas kelenjar eccrine yang terlalu aktif. Eccrine adalah kelenjar keringat yang berfungsi mengatur suhu tubuh. Kelenjar ini terdapat di hampir seluruh bagian tubuh sehingga semua bagian tubuh dapat berkeringat, namun kelenjar ini terdapat lebih banyak pada kepala, wajah, ketiak, telapak tangan dan telapak kaki dan Itulah alasannya mengapa lebih banyak kejadian keringat berlebihan di kepala, wajah, ketiak, telapak tangan, dan telapak kaki. Terdapat dua jenis keringat berlebih atau hyperhidrosis, yaitu hyperhidrosis focal primer atau keringat di bagian tertentu, dan secondary general hyperhidrosis atau keringat berlebih di seluruh tubuh.

    • Hyperhidrosis focal primer. Seseorang dengan hyperhidrosis focal primer akan mengalami keringat berlebih di bagian tertentu. Seperti pada bagian telapak tangan, telapak kaki, lipat paha, ketiak, atau hanya kepala dan wajah. Biasanya area yang terkena simetris, artinya bila telapak tangan kanan banyak berkeringat biasanya begitu juga telapak tangan kiri. Penyebab dari keringat berlebih jenis ini dapat disebabkan oleh adanya masalah pada fungsi sistem saraf tapi bukan suatu penyakit.
    • Secondary general hyperhidrosis
      Keringat berlebih jenis ini terjadi pada bagian seluruh tubuh, dan biasanya terjadi pada malam hari. Kondisi ini dapat disebabkan oleh adanya penyakit tertentu seperti masalah tiroid, tuberkulosis, menopause, gagal jantung, stroke, kanker (limfoma dan leukimia), parkinson, diabetes, cedera tulang belakang, penyakit paru-paru, adiksi alkohol, dan kehamilan

    Untuk itu perlu pemeriksaan lebih lanjut mengenai keringat berlebih kepada dokter. dokter akan melakukan berbagai tes untuk membantu menegakkan diagnosis dan membantu terapi. Sementara  itu yang dapat Anda lakukan adalah :

    • Gunakan pakaian termasuk kaos kaki dan sepatu yang terbuat dari bahan yang sejuk, longgar dan menyerap keringat.
    • Jagalah lingkungan sekitar anda tetap sejuk dan memiliki ventilasi yang baik.
    • Hindari konsumsi makanan dan minuman yang dapat menyebabkan berkeringat.
    • Hindari stres, kecemasan dan emosi lain yang dapat meningkatkan produksi keringat.
    • Mandi dua kali sehari dan mebilas tubuh menggunakan sabun yang

    Semoga Bermanfaat

    dr. Eni Yulvia S