Tanya Dokter

  • apa solusi untuk kulit berminyak sekaligus sensitif?

  • Dok, saya adalah remaja berusia 17 taun. Nah, saya memiliki masalah kulit berminyak dan sensitif. Ketika saya memilih produk cream atau sabun wajah untuk kulit sensitif seringkali justru memperparah kondisi berminyak pd wajah saya. Dan sebaliknya apabila saya memilih produk untuk wajah berminyak, biasanya saya akan merasa perih. Nah, tadi saya sudah baca artikle dokter ttg dasar" merawat wajah. Dikatakan lbh baik memilih sabun atau produk lain dgn kandungan BHA d dlmnya utk kulit berminyak, sedangkan utk kulit sensitif sbaiknya jangan. Ap mgkin wajah saya sk perih karena kandungan BHA itu? karna stiap saya pakai sabun utk kulit berminyak pst perih. Apa ya solusinya dok? Mohon bantuannya... terimakasih dokter yuyun.. ;)

    Hai, Tipe kulit wajah yang berminyak sekaligus sensitif memerlukan kecermatan dalam pemilihan produk kecantikan yang sesuai, dan hal ini dapat menjadi tantangan tersendiri. AHA (Alpha Hydroxy Acid) dan BHA (Beta Hydroxy Acid) adalah jenis asam yang banyak digunakan dalam produk kecantikan. Golongan BHA yang banyak dipakai dalam produk kosmetik adalah Asam Salisilat. Asam Salisilat memiliki sifat eksfoliasi (mengelupaskan) sel-sel kulit mati sehingga dapat membuka sumbatan pori yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat pada kulit berminyak. Karena sifatnya yang mengelupaskan, maka pada kulit yang sensitif dapat menimbulkan rasa perih dan iritasi. Asam Salisilat dalam kadar yang rendah masih relatif aman bagi kulit sensitif, namun tentunya hal ini tergantung pada derajat sensitivitas yang berbeda-beda pada setiap orang. Untuk menyiasati tipe kulit berminyak dan sensitif, dapat dilakukan pemilihan produk kecantikan secara kombinasi. Misalnya, untuk produk pelembab dapat menggunakan krim untuk kulit berminyak, yaitu yang berbahan dasar air (water-based) dengan formula bebas minyak (oil-free) untuk menghindari penumpukan minyak berlebih di wajah. Sedangkan untuk pembersih wajah dapat menggunakan sabun untuk kulit sensitif yang tidak mengiritasi kulit. Untuk memaksimalkan pembersihan sisa minyak dan kosmetik pada wajah, dapat dibantu dengan penggunaan toner/penyegar wajah. Hindari produk penyegar wajah yang mengandung alkohol karena dapat mengiritasi kulit. Sebaiknya pilihlah penyegar wajah yang mengandung lavender atau witch hazel yang menenangkan kulit. Pemilihan produk untuk kulit yang berkebutuhan khusus memerlukan pengetahuan mengenai kandungan bahan dan keterampilan membuat formula yang sesuai bagi kebutuhan kulit. Bila Anda mengalami kesulitan untuk memilih produk yang sesuai bagi kebutuhan kulit, disarankan agar Anda dapat berkonsultasi dengan Dokter Kulit di kota Anda. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik untuk menilai kondisi kulit Anda dan akan meracik formula yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Berikut beberapa anjuran yang dapat dilakukan:

    • Bersihkan wajah 2 kali sehari dengan pembersih wajah yang lembut
    • Hindari membersihkan wajah terlalu sering karena dapat menghilangkan minyak alami pada kulit dan menyebabkan iritasi
    • Keringkan wajah dengan cara ditepuk-tepuk dengan lembut menggunakan handuk (hindari menggosok wajah)
    • Pilihlah produk yang sedikit/tidak mengandung pewangi dan memiliki formula hypo-allergenic
    • Gunakan produk yang menggunakan bahan alami, seperti misalnya chamomile atau aloe vera
    • Pilihlah tabir surya (sunblock) yang mengandung Zinc atau Titanium oxide untuk mencegah iritasi kulit akibat paparan sinar matahari
    • Konsumsi buah dan sayur untuk mencukupi nutrisi bagi kulit
    • Minum air putih minimal 2 liter sehari untuk menjaga metabolisme kulit
    • Tidur cukup dan istirahat cukup
    Berikut laman yang memuat artikel dengan topik terkait: Demikian semoga bermanfaat. Salam, dr. Muliani