Tanya Dokter

  • mengatasi vagina yang terasa longgar

  •  Eva D.Y
    Anggota
    Dok saya mau tanya ,kata suami ku vagina ku terasa longgar dan tidak menggigit padahal saya belum pernah melahirkan dan saya masih aangat muda pernikahan kami pun baru sebentar ,lalu gimana cara saya mengatasinya ? Dan apa penyebab nya dok . Mohon bagi informasinya ya dok agar saya bisa langsung menanganinya ,makasih

    Hai Eva

    Vagina adalah saluran yang menghubungkan dengan rahim. Vagina terdiri dari mukosa (selaput lendir) serta otot-otot yang bersifat elastis. Oleh sebab itu vagina dapat menyempit dan melebar. Sering beredar kabar wanita yang sering berhubungan intim dapat menyebabkan vagina menjadi longgar, hal tersebut hanyalah mitos karena vagina dapat melebar saat berhubungan intim dan akan menyempit kembali setelah berhubungan intim. Begitupun setelah melahirkan melalui vagina. Vagina dapat menyempit kembali setelah beberapa bulan walaupun terkadang tidak sama seperti semula. 

    Sama seperti halnya besar penis pada pria, besar vagina juga dapat berbeda-beda antara tiap wanita. Namun ukuran vagina tidak berhubungan dengan kepuasan berhubungan intim. Yang terpenting pada saat berhubungan intim adalah komunikasi serta kenyamanan baik pada pria maupun wanita. Untuk membantu pengencangan kembali vagina terutama pada wanita setelah melahirkan adalah dengan cara senam kegel. Senam kegel dapat mengencangkan otot panggul.

    Berikut informasinya:

    Ukuran vagina dan kepuasan bercinta.

    Manfaat dan cara melakukan senam kegel.

    Semoga membantu ya. Terima kasih.

    dr.Yan william