Tanya Dokter

  • Solusi atasi benjolan pada dahi setelah terbentur

  • Saat kecil masih masa belajar berjalan,saat berjalan saya terbentur keras dengan lantai hingga dahi saya membenjol,hingga 3x saya terbentur.saat sudah dewasa dahi saya membenjol besar.

    Halo Hisyam Abdillah, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Benjolan pada dahi yang terjadi akibat benturan biasanya terjadi karena pembengkakan pada jaringan lunak di bawah kulit karena cedera jaringan, kadang dapat disertai juga dengan pecahnya pembuluh darah di bawah kulit yang menimbulkan memar. Benjolan akibat benturan ini biasanya akan menghilang dalam beberapa hari dan sifatnya tidak menetap (tidak permanen).

    Bila anda mengalami benjolan pada dahi anda saat ini saat anda sudah dewasa, kemungkinan benjolan tersebut bukan disebabkan karena riwayat jatuh yang anda miliki saat anda masih balita dan belajar berjalan.

    Beberapa kemungkinan penyebab benjolan di dahi anda saat ini:

    1. Bentuk tulang dahi anda yang memang menonjol (keturunan)
    2. Terdapat tumor di bawah kulit
    3. Penggunaan obat-obatan tertentu saat ibu anda sedang mengandung anda
    4. Akromegali, yaitu kondisi dimana terjadi produksi hormon pertumbuhan (growth hormon). Penderita akromegali memiliki beberapa bagian tubuh yang lebih besar daripada normal seperti tangan, kaki, rahang, dan tulang tengkorak
    5. Infeksi sifilis saat berada dalam kandungan
    6. Beberapa kelainan genetik tertentu

     

    Untuk memastikan penyebabnya, ada baiknya anda berkonsultasi dengan dokter spesialis bedah plastik. Dokter dapat memeriksa secara langsung benjolan atau penonjolan di dahi anda serta melakukan pemeriksaan penunjang tertentu bila memang diperlukan. Terapi untuk penonjolan pada dahi yang menetap seperti yang anda alami kemungkinan adalah pembedahan.

     

    Sekian informasi dari saya, semoga menjawab

     

    dr. Irna Cecilia