Tanya Dokter

  • telat menstruasi 1 bulan disertai panas perut dan mual. Tanda hamilkah ?

  • Saya dulu pernah melakukan hubungan dengan pacar saya dan saya telat mens berbulan bulan lalu saya minum jamu dan saya lgsung mens keluar seperti gumpalan darah apa itu janin dan gugur dok
    Dan saat ini saya terulang kembali pdhal pcr saya sudah pake kondom sekarang saya telat mens sudah 1 bulan saya juga sudah ngonsumsi nanas berkali kali cuma merasakan panas di perut dan saya tadi mual muntah apakah saya hamil dok

    Hai Ayu,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Perlu Anda ketahui, selain kehamilan yang tidak direncanakan, berhubungan seksual di luar ikatan pernikahan juga berpotensi menularkan infeksi menular seksual, misalnya gonorrhea, sifilis, kutil kelamin, herpes genital, HIV/ AIDS, dan masih banyak lagi yang lainnya. Karenanya, jika Anda belum menikah dan belum siap menerima konsekuensi terkait perbuatan seksual yang Anda dan pasangan Anda lakukan, sebaiknya hindarilah segala bentuk aktifitas seksual pra nikah.

    Berhubungan seksual kapanpun sesungguhnya berpotensi menyebabkan kehamilan. Penggunaan alat kontrasepsi memang berguna untuk mencegah kehamilan. Selama digunakan dengan benar sesuai petunjuk penggunaannya, alat kontrasepsi seperti kondom cukup efektif mencegah kehamilan bahkan hingga 99%. Namun, tetap saja, kemungkinan hamil tidak bisa disingkirkan sama sekali. Pada beberapa kasus yang jarang, sel sperma mungkin menembus kondom yang robek atau mungkin juga ada sel sperma yang keluar sebelum pria berejakulasi dan menggunakan kondom. Jika sel sperma ini mampu bertahan hidup dan membuahi sel telur, maka kehamilan pun dapat terjadi.

    Terlambat menstruasi, selain karena hamil, bisa juga terjadi karena stres, kelelahan, kegemukan, terlalu kurus, olahraga terlalu berat, atau penyakit tertentu, misalnya kista ovarium, kelainan kelenjar tiroid, atau tumor kelenjar hipofisis.

    Gumpalan darah yang keluar setelah terlambat menstruasi belum tentu disebabkan oleh keguguran. Kadangkala, darah menstruasi yang membeku akibat tidak langsung keluar juga bisa menggumpal dan berwarna pekat menyerupai daging. Selain itu, darah menstruasi yang bergumpal-gumpal bisa juga terjadi karena suatu penyakit, misalnya endometriosis, penyakit radang panggul, kanker serviks, fibroid, dan sebagainya.

    Sedangkan, perut yang terasa panas, mual, dan muntah yang Anda rasakan saat ini pun belum tentu disebabkan oleh hamil. Keluhan ini bisa juga terjadi jika Anda mengalami gastritis, tukak lambung, GERD (gastroesophageal reflux disease), kolangitis, pankreatitis, hepatitis, dan sebagainya.

    Guna memastikan apakah keluhan yang Anda alami saat ini berkaitan dengan kehamilan atau tidak, kami sarankan Anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter spesialis kandungan untuk menjalani USG (ultrasonografi). Jika benar disebabkan oleh kehamilan, maka sudah semestinya Anda dan pasangan sebagai orang dewasa yang bermoral untuk bertanggung jawab dalam merawat anak tersebut, mulai dari di dalam kandungan hingga saat ia lahir dan membesar nantinya.

    Menggugurkan kandungan tanpa indikasi medis yang jelas, terlebih bukan dengan orang yang kompeten (dokter spesialis kandungan), berisiko menyebabkan berbagai kompikasi, di antaranya yakni:

    • Perdarahan masif
    • Infeksi rahim
    • Syok hipovolemik
    • Syok septik
    • Kematian, dan sebagainya

    Semoga membantu ya..

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah