Tanya Dokter

  • Belum menstruasi setelah keguguran

  •  novica alvi
    Anggota
    dok , saya bulan kemaren keguguran , tp sampai sekarang saya juga belum mendapatkan menstruasi lg , saya tes hasilnya positif , apakah saya hamil lg dok , dan kapan kira kira saya mendapat menstruasi lg , tlg jwbnya dok

    Halo novica alvi, terimakasih atas pertanyaannya untuk Aldokter

     

    Paska terjadinya keguguran, hormon kehamilan atau hormon hCG yang terdeteksi oleh alat pemeriksaan kehamilan (test pack) baru akan menghilang setelah kira-kira 3 minggu. Waktu tersebut hanyalah perkiraan, karena hormon tersebut dapat menghilang lebih cepat bila keguguran terjadi pada usia kehamilan muda dan menghilang lebih lambat pada keguguran dengan usia kehamilan lebih tua. Kadang diperlukan waktu lebih dari sebulan bagi hormon hCG ini untuk benar-benar menghilang dari darah pada kehamilan besar. Pada keguguran yang terjadi akibat kehamilan mola, hormon hCG dapat menetap bila terjadi komplikasi kehamilan mola yang disebut gestational trophoblastic disease (GTD). Dalam kasus tersebut perlu dilakukan penanganan khusus oleh dokter kandungan.

    Siklus menstruasi biasanya akan kembali kurang lebih 4-6 minggu paska keguguran. Menstruasi yang terjadi biasanya akan berbeda dari menstruasi sebelum kehamilan. Siklus menstruasi bisa jadi belum teratur, lamanya siklus bisa jadi hanya sebentar atau bisa juga lebih lama, dan darah yang keluar bisa jadi hanya sedikit atau bisa juga banyak.

    Kesuburan memang sudah dapat kembali sekitar 2-4 minggu paska keguguran. Untuk dapat memastikan apakah saat ini anda mengalami kehamilan kembali atau memang efek hormon hCG yang belum turun dari kehamilan sebelumnya, anda dapat memeriksakan diri ke dokter kandungan. Dokter kandungan dapat melakukan pemeriksaan kadar hCG darah untuk melihat nilai hCG secara kuantitatif atau melakukan pemeriksaan USG untuk melihat apakah memang terdapat kehamilan baru. Anda juga dapat mencoba untuk melakukan pemeriksaan kehamilan ulang 5 minggu setelah keguguran, bila memang hasil test pack anda positif, sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter kandungan. Bila hasilnya negatif, maka kemungkinan anda tidak mengalami kehamilan lagi.

     

    Sekian informasi dari saya, semoga cukup menjawab

     

    dr. Irna Cecilia