Tanya Dokter

  • susu untuk bayi yang alergi susu kedelai dan susu sapi

  •  Aya Thomberry
    Anggota

    dok anak ku alergi susu kedelai sama susu sapi sedangkan ASI saya sedikit , terus harus di ganti pake susu formula apa ?

    Halo,   Jika Anda yakin 100 % bahwa anak Anda alergi terhadap susu sapi dan susu soya maka Anda bisa menggunakan susu formula hipoalergenik yang dibuat dengan metode proses khusus. Macam susu formula hipoalergenik yang bisa Anda gunakan adalah :

    1. Susu formula hidrolisa ekstensif = disini protein susu diubah menjadi partikel - partikel yang cukup  kecil sehingga diharapkan tidak akan merangsang timbulnya reaksi alergi pada bayi. Contoh :Pregestimil.
    2. Susu formula sintesis asam amino = Contoh : Nutramigen, Neocate. Susu jenis ini diberikan jika bayi Anda masih mengalami reaksi alergi bahkan dengan susu formula terhidrolisa ekstensif diatas atau mengalami gejala alergi yang sangat berat.
    Selain cara diatas Anda juga bisa terus merangsang produksi ASI Anda sendiri, karena sudah bisa dipastikan bayi Anda tidak akan mengalami alergi terhadap susu ASI. Untuk memperbanyak produksi ASI Anda dapat melakukan beberapa cara seperti :
    1. Tetap menyusui bayi Anda untuk merangsang otak Anda memproduksi hormon penghasil ASI.
    2. Banyak minum air putih.
    3. Makan makanan gizi seimbang.
    4. Istirahat cukup.
    5. hindari stress / kelola stress dengan baik.
    6. Minum suplemen penambah ASI yang aman dan terdaftar BPOM.
    Konsultasikan penggunaan susu formula khusus diatas dengan dokter anak Anda agar Anda bisa memilih yang terbaik untuk bayi Anda. Semoga membantu.   dr. Yusi