Tanya Dokter

  • Keluar flek coklat setelah seks oral

  •  Dinda
    Anggota
    Pagi Dok, saya setiap minggu melakukan hubungan seks dengan pacar dgn cara oral namun pacar saya menggunakan jari ke Ms.V tetapi tidak sampai masuk hanya bagian clirotis dsb. Dan skrg saya mengeluarkan flek coklat sudah 5 hari. Itu kenapa ya dok? Apa selaput dara saya pecah atau penyakit? Mohon balasannya dok..trims

    Halo,

    Keluarnya lendir bercampur darah merupakan kondisi abnormal terutama  bila lendir vagina berbau tajam/busuk, lendir keluar dalam jumlah sangat banyak, konsistensinya sangat kental, disertai dengan rasa gatal, berwarna kuning kehijauan/berbuih, disertai dengan perdarahan di luar siklus menstruasi, nyeri saat berhubungan seksual dan muncul nyeri di perut bagian bawah. 

    Hal tersebut dapat disebabkan oleh :

    • ·         Infeksi vagina dan panggul, dapat disebabkan oleh jamur, virus dan bakteri.
    • ·         Infeksi yang berhubungan dengan Penyakit Menular Seksual.
    • ·         Gangguan hormon yang mempengaruhi siklus menstruasi karena penggunaan KB, atau obat-obatan tertentu.
    • ·         Atrofi vaginitis, biasa terjadi pada wanita usia lanjut atau wanita dengan masalah ketidakseimbangan hormon estrogen.
    • ·         Tanda kehamilan.
    • ·         Iritasi di sekitar vagina.
    • ·         Kanker leher rahim/rahim.

     

    Keluhan yang Anda alami kemungkinan dapat disebabkan oleh iritasi pada dinding vagina karena aktivitas seksual yang Anda lakukan. Namun dapat juga merupakan tanda dari adanya infeksi/kelainan pada vagina Anda akibat tangan pasangan yang kurang bersih saat melakukan stimulasi pada daerah vagina dan klitoris Anda.

    Berikut hal-hal  yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi keluhan yang Anda alami :

    ·         Sebaiknya tidak melakukan aktivitas seksual dengan tangan yang tidak bersih.

    ·         Menjaga kebersihan daerah kewanitaan dengan membasuhnya menggunakan air mengalir dan sabun yang lembut. Hindari terlalu sering menggunakan sabun untuk membersihkan vagina karena akan menimbulkan iritasi pada vagina.

    ·         Menggunakan pakaian dalam yang menyerap keringat dan lembut. Gantilah pakaian dalam secara teratur untuk menjaga agar daerah selangkangan tetap kering.

    ·         Menghindari penggunaan pantyliner karena beresiko membuat kondisi vagina dan selangkangan menjadi lembab. Kondisi selangkangan yang lembab dan kurang bersih dapat menimbulkan infeksi vagina. Bila Anda tetap memutuskan menggunakan pantyliner, gantilah secara teratur setiap maksimal 3 jam sekali.

    ·         Bila sedang menstruasi, gantilah pembalut minimal 3x dalam sehari.

    ·         Gunakan kondom dengan benar (baca cara pemakaian yang tertulis dalam kemasan), bila memutuskan melakukan hubungan/aktivitas seksual, terutama bila Anda tidak mengetahui riwayat medis pasangan seksual Anda.

    ·         Lakukan  Pola Hidup Sehat dengan makan makanan Bergizi Seimbangberolahraga rutinberistirahat cukup di malam hari dan mengelola stress dengan bijaksana. Kondisi tubuh yang sehat dapat mendukung kesehatan organ reproduksi. 

    ·         Lakukan test Pap Smear secara teratur bila Anda sudah pernah melakukan hubungan seksual.

     

    Untuk menentukan apakah lendir darah yang keluar dari vagina Anda merupakan kondisi yang perlu penanganan medis/tidak, sebaiknya Anda melakukan konsultasi langsung dengan Dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan medis langsung yang menyeluruh dan cermat. Bila diperlukan, Dokter akan menganjurkan pemeriksaan penunjang tambahan seperti pemeriksaan darah, analisis air seni, dan USG perut. Penanganan yang terbaik akan dilakukan berdasarkan kondisi medis yang Anda alami.

    Anda dapat membaca mengenai Penyebab Keluarnya Lendir Vagina Bercampur Darah dalam artikel Alodokter dengan klik di sini.

    Demikian Info Kami, semoga membantu Anda.

     

    Salam, dr Caecilia.