Tanya Dokter

  • Apa obat untukyang menderita insomnia

  • Pagi dok,sy ini menderita insomnia saya tidak bisa tertidur di jam org normal tidur sy tidur jm 2-3 pagi... Terkadang aktivitas di pagi hari saya terganggu dengan adanya insomnia ... Tolong tipsnya dok.. Thanks

    Halo, Insomnia adalah kesulitan berulang untuk memulai tidur, tetap tidur, atau kualitas tidur, yang tergantung waktu dan kesempatan untuk tidur, yang dapat menimbulkan gangguan aktivitas di siang hari. Penanganan pada insomnia, bertujuan untuk meningkatkan kualitas tidur, dan meningkatkan kualitas aktivitas kegiatan di siang hari. Pengobatan insomnia Menyiasati insomnia Penanganan awal pada insomnia, dilakukan dengan cognitive behavioral therapy, yaitu dengan:

    • Edukasi sleep hygiene
    • Terapi kognitif
    • Terapi relaksasi
    • Terapi kontrol stimulus
    • Terapi pembatasan tidur
    Sleep hygiene, adalah aktivitas harian dan kebiasaan yang sejalan atau mendorong kebiasaan tidur berkualitas, dan dapat terjaga sepanjang siang hari. Berikut ini adalah elemen dari sleep hygiene yang baik:
    • Membiasakan tidur yang teratur, yaitu tidur dan bangun pada jam yang tepat setiap hari, tidur secukupnya agar dapat bangun dengan segar, namun tidak tidur berlebihan
    • Hindari bangun saat hari sudah siang
    • Hindari tidur siang, jika sangat dibutuhkan, tidur sebentar saja (kurang dari 1 jam), dan hindari tidur siang setelah jam 15.00
    • Menjaga kegiatan harian tetap teratur, jam saat makan, minum obat, dan aktivitas lain yang menjaga jam tubuh berjalan dengan baik
    • Jangan melakukan kegiatan diatas tempat tidur selain tidur
    • Menghindari kafein setelah makan siang, hindari alkohol 6 jam sebelum jam tidur, dan hindari nikotin sebelum tidur
    • Jangan tidur dalam keadaan lapar, namun juga jangan makan besar sesaat sebelum tidur
    • Hindari penggunaan obat tidur
    • Bersantai sebelum tidur, seperti bersiap tidur, berganti piyama dan lain sebagainya
    • Hindari menonton televisi di kamar tidur, atau tidur di sofa dan pindah ke tempat tidur
    • Menjaga kamar tidur gelap, tenang, dan suhu yang nyaman
    • Aktivitas fisik teratur, pada sore hari atau senja (tidak lebih dari pukul 18.00-19.00)
    • Jangan memaksa diri untuk tidur. Jika sulit tidur dalam 15-30 menit, lakukan sesuatu yang bersifat relaksasi hingga mengantuk.
    Jika dengan menjalankan tips diatas, Anda masih merasakan keluhan yang sama, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter. Dokter akan menentukan pengobatan tertentu yang sesuai dengan kondisi pasien. Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga membantu. dr. Agatha