Tanya Dokter

  • Tips program hamil yang efektif

  •  Andri Unggara
    Anggota
    Permisi dokter,maaf sya mau tanya dok istri sya dri pertama minum pil kb ko cairan di rahim nya jd ga ada ya dan sekarang sudah lepas kb tp msh tidak keluar cairan dri rahim,kira2 bermasalah apa tidak dok mohon solusinya ingin cepat punya momongan dok.. Terimakasih

    Halo Andri,terimakasih telah berkonsultasi di alodokter. Keluhan anda dengan cairan di rahim,saya asumsikan dengan cairan bebas di luar rahim yaitu di organ bernama cavum Douglas,cairan ini dapat normal saat terjadinya proses terjadinya ovulasi (pelepasan sel telur) atau saat menstruasi, dengan volume cairan sekitar 1-5 ml. Tetapi jika disertai gejala lain seperti mual,muntah,keputihan,perut kram,anda wajib waspada. Untuk pemeriksaan cairan ini bernama kuldosentsesis dan dilakukan pemeriksaan di laboratorium. Berikut adalah beberapa penyebab cairan bebas diluar rahim adalah:
    1. Kehamilan di luar kandungan (kehamilan ektopik)
    2. Infeksi
    3. Endometriosis
    4. Asites (penumpukan cairan di perut)
    Jika sebelumnya istri anda memakai pil KB,maka pil kb memiliki kefektifan selama pemakaian saja,beda hal nya dengan KB suntik. Untuk membantu anda mengenai program hamil,berikut penanganan sementara yang dapat anda dan istri anda lakukan:
    1. Berhubungan intim saat istri anda masa subur (14 hari dari haid hari pertama istri anda)
    2. Meningkatkan frekuensi berhubungan
    3. Melakukan pemeriksaan mengenai kesuburan masing-masing
    4. Istirahat cukup,tidak melakukan aktifitas terlalu banyak
    5. Berkonsultasi ke dokter spesialis kandungan jika penanganan di atas tidak juga membuahkan hasil (mengenai promil anda untuk info lebih jelas dan mencari penyababnya) ataupun jika terdapat keluhan pada istri anda seperti mual,muntah, perut kram,perdarahan yang bergumpal-gumpal.
    Demikian info yang dapat diberikan,semoga menjawab pertanyaan anda. Salam dr. Celleen