Tanya Dokter

  • Penyebab jantung berdetak kencang setelah konsumsi vitamin hamil

  •  dede irma
    Anggota
    Dok saya mau tanya, saya lagi hamil 6 bulan & mengkonsumsi vitamin . Tapi setiap saya mengkonsumsi vitamin itu detak jantung saya terasa kencang dan lemas . Itu kenapa yah dok ?

    Halo dede irma, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Vitamin kehamilan mengandung berbagai macam vitamin dan mineral penting yang dibutuhkan dalam jumlah lebih banyak saat seorang wanita sedang hamil. Vitamin dan mineral ini perlu dicukupi untuk mencegah terjadinya berbagai komplikasi dalam kehamilan seperti cacat lahir, anemia dalam kehamilan, gangguan pertumbuhan tulang janin, tulang keropos, dan lain-lain.

    Mengkonsumsi vitamin kehamilan dapat memberikan beberapa efek samping, berikut ini adalah beberapa efek samping yang umum ditemukan saat konsumsi vitamin kehamilan:

    1. konstipasi atau sulit buang air besar
    2. mual
    3. diare
    4. BAB berwarna hitam
    5. penurunan nafsu makan
    6. nyeri perut dan gangguan pencernaan
    7. pusing

     

    Gejala seperti yang anda alami yaitu jantung berdebar dan lemas paska konsumsi vitamin kehamilan sangat jarang ditemukan, meskipun memang ada beberapa wanita yang mengeluhkan gejala tersebut terjadi paska konsumsi vitamin kehamilan. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat anda coba lakukan:

    1. Konsumsi vitamin dalam dosis yang benar, jangan berlebihan
    2. Bila anda juga mengkonsumsi susu kehamilan, sebaiknya anda diskusikan kembali dengan dokter kandungan anda, karena susu kehamilan seringkali mengandung vitamin dan mineral yang serupa dengan yang terkandung dalam vitamin kehamilan. Kelebihan vitamin dan mineral tertentu dapat menyebabkan efek samping salah satunya jantung berdebar.
    3. Minum air putih minimal 1 gelas setelah konsumsi vitamin kehamilan
    4. Minum vitamin bersama dengan makanan atau sebelum tidur

     

    Sebaiknya anda juga mendiskusikan masalah ini dengan dokter kandungan anda. Dokter kandungan anda dapat melakukan pemeriksaan lain seperti pemeriksaan darah, panel tiroid, rekam jantung (EKG), dan pemeriksaan lainnya untuk memastikan tidak terdapat penyebab jantung berdebar lainnya.

     

    Sekian informasi dari saya, semoga cukup menjawab

     

    dr. Irna Cecilia