Tanya Dokter

  • Obat untuk penyakit ITP (Ideopathic Thrombocytopenic Purpura)

  •  NAFIRA
    Anggota

    saya punya adek usianya 13 tahun dia sakit ITP

    satu bulan yang lalu,,, dia di diagnosis mengidap itu

    dia juga sudah satu bulan tidak masuk sekolah

    apa dokter tau apa obatnya??

    NAFIRA  dr. Lina Saleh
    Dokter

    Selamat malam, ITP adalah Idiopathic Trombocytopenia Purpura atau Immune Trombocytopenia Purpura. ITP adalah kondisi dimana sistem kekebalan tubuh (sel-sel imun) menyerang sel-sel trombosit dalam tubuh sehingga kadar trombosit di darah menjadi jauh dibawah normal, padahal trombosit merupakan komponen penting pada kondisi penghentian perdarahan pada tubuh kita. Trombosit adalah lini pertama pembentuk tambal atau sumbatan pada sumber perdarahan, bekerja dengan saling berikatan satu sama lain melekat dan menutup luka atau sumber peradarahan yang ada sehingga perdarahan cepat terhenti, kemudian dilanjutkan ke fase berikutnya yang menyebabkan sumbatan permanen pada sumber perdarahan (fibrinogen). Jika trombosit dibawah normal, maka seseorang akan rentan/ mudah mengalami perdarahan dan perdarahan yang terjadi berkepanjangan. Pada luka yang kecil yang pada kondisi normal tidak menjadi masalah, namun pada kondisi trombit rendah maka perdarahan menjadi sulit berhenti. Penyebab dasar terjadinya penyakit ini tidak diketahui, maka dari itu diberi nama idiopatik. Gejala biasanya berupa ruam,memar, mudah memar atau luka jika terbentur sedikit, timbul titik-titik merah di tubuh, mimisan, gusi berdarah, darah menstruasi menjadi banyak dan lebih lama, dan gejala perdarahan lainnya. Dari pemeriksaan darah yang menunjang adalah  hasil trombosit dibawah normal. Normalnya adalah 150.000-400.000, namun pada ITP dapat dibawah 20.000 bahkan hingga 1.000. Pengobatan pada kondisi ini hanyaberupa pengobatan untuk mengurangi gejala dan mencegah terjadinya perdarahan besar. ITP pada anak seringkali sembuh spontan setelah beberapa bulan. Terapi yang dapat diberikan adalah :

    • Kortikosteroid (membantu menurunkan aktivitas imun tubuh, sehingga kadar platelet dapat kembali normal)
    • Tranfusi trombosit (pada kondisi kadar trombosit sangat ekstrim)
    • Imunoglobulin intravena pada kondisi perdarahan hebat
    • Obat-obatan penekan sistem kekebalan tubuh
    • Terapi lain : pengangkatan limpa, dll.
    Namun dari pilihan terapi tersebut banyak sekali efek samping dan komplikasi yang dapat disebabkan, sehingga perlu dipertimbangkan dengan sangat hati-hati mengenai keuntungan pemberian terapi dibandingkan dengan kerugiannya. Yang perlu Anda lakukan untuk pencegahan dirumah adalah :
    • Mengawasi adanya perdarahan. JIka terjadi perdarahan segera bawa ke IGD untuk dihentikan.
    • Menghindari aktivitas fisik berat atau berbahaya. Sebaiknya anak istirahat dahulu dirumah agar tidak banyak aktivitas.
    • Menghindari konsumsi obat-obatan penghambat kerja trombosit
    • Mencegah atau mewaspadai terjadinya infeksi
    • Kontrol rutin ke dokter
    Silahkan baca lebih lengkap di artikel ITP. Sekian informasi dari saya semoga dapat bermanfaat.