Tanya Dokter

  • Solusi atasi rasa tidak nyaman pada penderita TBC

  •  Nova Nanda
    Anggota
    Selamat pagi dok, saya sekarang masih menjalani proses penyembuhan tbc, baru sekitar 2 bulan, selama itu bagian lambung saya mengalami ketidak nyamanan, saya sudah konsulkan ke dokter tbc saya dan sudah di kasihkan pengobatan untuk lambung, pertanyaannya: kenapa lambung saya masih merasa tidak nyaman sampai obat yg di kasih sudah habis? Apakah wajar karena reaksi obat2an tbc atau bgaimanan dok? Minta tolong saya harus bagaimana mengatasi lambung saya? Apa bisa di sembuhkan secara alami saja?

    Hai Nova,

    Pengobatan TBC dilakukan selama beberapa waktu yang tergolong panjang antara 6 hingga 9 bulan, tergantung dari infeksi yang terjadi dan respon pengobatan setelahnya. Jenis obat yang dikonsumsi pun tergolong banyak dan tentunya memiliki efek samping pengobatan yang cukup bervariasi pula.  Di awal pengobatan, tubuh tentunya masih beradapatasi dengan obat yang dikonsumsi, dan beberapa efek samping yang mungkin terjadi membutuhkan observasi ketat oleh dokter, dan sisanya dapat diatasi dengan pemberian obat untuk mengurangi keluhan yang terjadi. Seiring dengan pengobatan berlangsung keluhan akan berkurang dengan sendirinya.

    Rasa tidak nyaman pada lambung yang mungkin disertai mual dan nafsu makan yang menurun dapat terjadi, dan jika Anda sudah mendapatkan pengobatan oleh dokter, beberapa tips berikut dapat membantu mengurangi keluhan yang muncul diantaranya :

    • Makan dengan porsi lebih sedikit namun sering
    • Makan makanan yang mudah dicerna, hindari makanan terlalu berbumbu, pedas dan asam
    • Banyak konsumsi air putih
    • Hindari konsumsi minuman berkafein dan beralkohol
    • Perbanyak isitirahat

    Konsultasikan kembali dengan dokter jika keluhan tidak kunjung membaik hingga mengganggu aktifitas harian Anda, untuk mendapatkan penanganan lanjutan.

    semoga bermanfaat,

    dr. Tantya