Tanya Dokter

  • Langkah yang dilakukan setelah operasi kista ovarium dan indung telur

  •  maryadi
    Anggota

    Selamat sore dok...? Saya mu bertanya,umur saya 31 th saya blm punya anak,tp saya habis operasi kista ovarium dan indung telur juga di angkat 1 pertantaan nya: 1.apakah saya masih bisa punya anak...? 2.setelah operasi kanker saya ternyata ganas dan dokter mrnyarankan kemo apakah kemo tu ckup lama buat menghilangkan sel-sel kanker saya..? 3.kegiatan lain apakah yang bisa cepat membntu buat menghilang kan sel/akar kanker yang tersisa di dalm tbuh saya..(maksudnya kegiatan di rumah) 4.makana dan minuman apa yang di larng dan tidak yang di larang..?

    Nie hasil dari labolatorium terakhir CA 125 saya setelah operasi 532 Sedangkan buat normal aja cuma antara 0-35

    Terima kasih banyak sebelumnya

    Hai Maryadi, Saya akan menjawab pertanyaan anda satu persatu. 1. Jika ovarium anda sudah diambil salah satunya. Maka ovarium yang sisa masi dapat memberi kemungkinan bagi anda untuk hamil. 2. Jika anda mengidap kanker dan disarankan untuk melakukan kemoterapi, maka yang dapat menentukan berapa kali kemoterapi yang harus anda jalani adalah dokter yang memeriksa dan mendiagnosis anda. Kemoterapi yang dilakukan akan sangat ditentukan oleh progresivitas dari sel kanker dan respon kemoterapi terhadap sel kanker yang anda derita. 3. Yang dapat anda lakukan selama masa pengobatan adalah:

    • Menerapkan gaya hidup sehat dengan mengkonsumsi banyak buah-buahan dan sayuran dan menghindari makanan berlemak, berpengawet, dan makanan yang tidak segar.
    • Hindari mengkonsumsi minuman beralkohol, bersoda dan usahakan banyak mengkonsumsi jus buah segar dan air mineral.
    • Hindari merokok
    • Olahraga miniamal 3 kali seminggu
    • Tetaplah mengkonsumsi makanan walaupun terjadi kelemahan tubuh dan tidak nafsu makan
    Semoga membantu dr. Yosephine