Tanya Dokter

  • Apa yang harus saya lakukan terhadap sakit kepala saya ini?

  •  Diar P Padni
    Anggota

    Halo dok,,

    Saya diar umur saya 24 th, begini dok, saya mau nanya termasuk jenis sakit kepala apa yang saya alami?

    Jadi saya sudah mengalami sakit kepala ini +- 1 bulan dok, sakit kepala ini bukan menyebabkan pusing melainkan nyeri, tetapi hanya bagian kanan kepala saya saja, dari depan hingga belakang, dan kepala bagian belakang dan kuduk pun terasa berat dok.

    Sakit kepala ini disertai demam, batuk, sakit tenggorokan, mual, penglihatan kabur, lemas, jalan terkadang sempoyongan

    Jika batuk nyeri di kepala akan terasa banget dok, dan juga jika bangun dari tidur nyeri di kepala akan terasa.

    Saya sudah pernah ke dokter beberapa minggu yang lalu, dan diberi obat sakit kepala Cargesik kaplet Asam Mefenamat 500mg, dan tidak ada hasilnya, tetap saja sakit kepala ini tidak hilang.

    Mohon diberi tahu dok, jenis sakit kepala saya ini apa dok? dan apa yang harus saya lakukan terhadap sakit kepala ini? Terima Kasih dok sebelumnya.

    Diar P Padni  dr. Rico N
    Dokter

    Hai Diar, Sakit kepala dapat disebabkan oleh berbagai sebab, tetapi secara umum dibagi menjadi nyeri kepala primer (tidak ada kelainan biologis yang mendasari)  dan sekunder (ada kelainan biologis yang mendasari). Nyeri kepala primer terdiri dari 3 jenis : 1. Tension type headache / nyeri kepala tipe tegang 2. Migrain /  sakit kepala sebelah 3. Nyeri kepala kluster Nyeri kepala sekunder dapat disebabkan oleh berbagai jenis kelainan di area kepala dan leher seperti : 1. Masalah gigi 2. Infeksi telinga 3. Masalah mata 4. Masalah rongga hidung dan sinus 5. Masalah pada otak : seperti tumor otak, infeksi selaput otak / meningitis 6. dsb Dari lamanya rasa nyeri yang anda alami,dan gejala penyertanya seperti gangguan penglihatan, mual, gangguan keseimbangan, dan peningkatan nyeri saat bangun tidur, serta respon yang buruk dengan anti nyeri seperti asam mefenamat, semua itu mengarahkan kemungkinan adanya penyebab organik yang melandasi keluhan tersebut (nyeri kepala sekunder). Sehingga kondisi ini perlu diinvestigasi lebih lanjut. Saya sarankan agar anda mengunjungi dokter spesialis saraf. Disana selain dilakukan pemeriksaan fisik anda mungkin akan disuruh menjalani pemeriksaan tambahan seperti pemeriksaan CT scan kepala serta lab darah atau foto rontgen jika ada indikasi. beberapa tautan mengenai : sakit kepala migraine/sakit kepala sebelah  tumor otak, kanker otak demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.