Tanya Dokter

  • Pencegahan penyakit kanker

  • selamat siang dok, saya tyas. Dokter saya mau tanya dong dok,kalau saya mau meriksa supaya saya tau saya sakit apa, karena sekarang kan banyak tuh dok yang tidak tau mereka sakit apa, dam tiba2 dia sakit kanker. Makanya itu saya ingin periksa. Buat pencegahan. Karna lebih baik dicegah sebelum terlambat. buat pencegahan lebih baik dan lebih tepat ambil apa ya? Rontgen? tes darah atau apa ya dok? Untuk keseluruhan.. Terimakasih..

    Dear Titis,

    Kanker merupakan penyakit yang timbul akibat pembelahan dan pertumbuhan sel yang terlalu berlebihan hingga membuat sel-sel di sekitarnya bahkan dalam organ yang letaknya jauh menjadi rusak. Kanker umumnya disebut sesuai dengan tempat asal munculnya sel kanker. Misal kanker payudara untuk sel kanker yang tumbuh pertama kali di payudara. Meskipun kanker ini sudah menyebar ke otak menyebabkan kanker otak, namun tetap disebut sebagai metastasis atau penyebaran kanker payudara.

    Kanker sendiri muncul akibat banyak interaksi dari berbagai faktor seperti:

    • faktor genetik (keturunan, riwaya keluarga dengan kanker)
    • kondisi hormonal
    • pola makan
    • kebiasaan (misal merokok, paparan radikal bebas, sinar ultraviolet)
    • faktor lingkungan
    • stres


    Mengingat rumitnya proses yang mengawali munculnya sel-sel kanker, maka tidak ada satu pun metode khusus yang dapat 100% mencegah munculnya kanker. Sebenarnya setiap manusia berisiko mengidap sel kanker. Bahkan faktanya setiap hari ada sel-sel tidak normal di dalam tubuh kita akibat kesalahan saat pembelahan sel. Sel-sel ini berpotensi menjadi sel kanker. Namun berkat kesigapan sel-sel imun, sel tersebut segera terdeteksi dan dihancurkan oleh sel-sel imun tersebut. Program apoptosis (bunuh diri sel) sel kanker diaktifkan oleh sel-sel imun ketika menemui sel yang abnormal.

    Dalam keadaan tertentu dan dipengaruhi berbagai faktor, sel imun tidak mendeteksi adanya sel abnormal. Lalu sel tersebut terus membelah dan bermutasi (berubah gen-nya). Sel inilah yang kemudian menjadi sel kanker.

    Jika terus dibiarkan sel kanker dapat memicu munculnya pembuluh-pembuluh darah baru (angiogenesis) untuk semakin memberi makan sel-sel kanker sehingga dapat berkembang dengan lebih pesat dan merusak sel-sel normal yang lain.

    Secara umum menjalani pola hidup sehat seperti pola makan, menghindari rokok dan alkohol, berolahraga secara teratur seperti jalan kaki rutin tiap 2-3 hari selama 1 jam, mengelola stres dan hidup positif, menggunakan tabir surya saat berada di bawah terik sinar matahari dapat mengurangi risiko munculnya kanker.

    Beberapa pemeriksaan spesifik gen (yang masih jarang dan mahal) dapat dijalani untuk mengetahui potensi seseorang apakah berisiko terhadap kanker tertentu atau tidak.

    Semoga bermanfaat,

    dr. Rony W.