Tanya Dokter

  • Cara mengatasi penyakit biduran

  •  Echa
    Anggota

    Halo Dok, saya Echa 20th.

    Saya menderita penyakit biduran, sudah sejak saya kecil, mungkin sejak umur 6 tahun. Tetapi, saya tidak tahu biduran saya ini dikategorikan biduran akut atau kronis atau yang lainnya. Karena dokter tempat saya konsultasi dulu, hanya menegaskan bahwa saya menderita biduran dan katanya sebaiknya tidak mengonsumsi makanan laut, telur, mie, terutama ayam. Padahal waktu itu tidak dilakukan tes apapun, dokter tersebut hanya melihat bindul-bindul di tangan kaki saya.

    Tetapi terkadang, meskipun saya tidak mengonsumsi makanan-makanan diatas, biduran saya kambuh.

    Sepupu saya yang juga menderita biduran beberapa tahun terakhir, dia mengatakan kalau bidurannya kambuh ketika dia berkeringat. Dan ketika saya amati, biduran saya terkadang juga kambuh ketika saya kepanasan dan berkeringat, tetapii tidak selalu.

    Apa mungkin biduran yang saya derita masih dapat disembuhkan?

    Atau sebaiknya saya harus melakukan apa, Dok?

    Mohon bantuannya :)

    Hai Satu-satunya cara untuk mencegah kekambuhan kembali dari penyakit alergi seperti biduran adalah dengan menghindari faktor pemicunya. Anda dapat mencari tahu sendiri kapan kira-kira biduran Anda kambuh, bila saat cuaca panas, ada kemungkinan Anda alergi cuaca panas, oleh sebab itu hindari kontak dengan cuaca panas atau berkeringat dengan memakai payung saat keluar rumah, hindari aktivitas berlebih dibawah terik matahari. Untuk memastikan pemicu alergi, diperlukan pemeriksaan tes alergi. Selain itu dapat diberikan obat-obatan pereda alergi seperti golongan antihistamin (loratadin, cetirizin, CTM) dan juga kortikosteroid untuk menekan alergi. Sebaiknya pengobatan berdasarkan anjuran dokter. Berikut diskusi mengenai biduran, dapat Anda ikuti pada link berikut ini: Biduran yang kambuh. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william  

    Echa  Wydar Aldawie
    Anggota

    dok ko punya saya gk di jawab2 ;( :(

    Echa  Echa
    Anggota

    Oh iya Dok, selama ini saya selalu mengonsumsi obat, namanya Hisdane, dan slalu saya minum ketika biduran saya kambuh dan ketika saya merasa akan kambuh. Obat tersebut cukup ampuh sebelumnya, tetapi sebulan terakhir, saya merasa obat tersebut tidak berfungsi lagi. Secara medis bagaimana Dokter? apa biduran saya ini semakin parah dan menjadi kebal? Karena (maaf curhat sedikit) sebentar lagi kembali aktif kuliah, dan saya terganggu jika biduran saya kambuh tetapi obat yang biasa saya minum tidak bisa menyembuhkan seperti biasanya.