Tanya Dokter

  • Penyebab sering pusing dan mata nyeri

  •  Chrysanti
    Anggota
    Saya sering merasa pusing walau cuma sebentar tapi itu sering terjadi. Kadang sakitnya cuma kepala sebelah kadang dikepala bagian belakang. Mata saya juga sering sakit. Karena sakit mata ini juga saya menjadi pusing. Saat saya ingin melirik atau meliahat sesuatu di atas tanpa mendongak mata saya akan sakit dan tidak bisa langsung terke a cahaya yang terang. Kira- kira ini gejala apa yah dok ?

    Halo Chrysanti, 

     

    Terima kasih sudah bertanya ke Alodokter.

     

    Banyak faktor yang dapat menyebabkan keluhan sakit kepala. Sebagian besar sakit kepala merupakan sakit kepala ringan dan dapat diatasi dengan meminum obat-obatan antinyeri yang ada di pasaran, dengan istirahat yang cukup ataupun dengan meminum air putih. Pada umumnya kondisi ini disebabkan adanya ketegangan pada otot kepala. Namun, tidak sedikit juga kondisi sakit kepala yang menandakan adanya kondisi medis yang lain dan berlangsung lama bahkan membahayakan nyawa. 

     

    Adapun beberapa kondisi yang dapat menyebabkan sakit kepala. Sakit kepala yang disebabkan oleh langsung kondisi otot kepala atau disekitar kepala disebut sakit kepala primer. Sedangkan sakit kepala yang disbebkan adanya kondisi medis di bagian tubuh lain disebut sebagai sakit kepala sekunder.Beberapa kondisi sakit kepala primer yaitu: 

     

    1. Sakit kepala migrain

     

    2. Sakit kepala tegang

     

    3. Sakit kepala cluster Yaitu sakit kepala yang spesifik di bagian tertentu dan dapat berpindah-pindah. Hal ini terjadi akibat adanya nyeri menjalar atay nyeri alih dari bagian di sekitar kepala. 

     

    Sedangkan beberapa kondisi sakit kepala sekunder adalah sebagai berikut: 

     

    1. Adanya gangguan pada mata. Salah satu kondisi yang dapat dipikirkan adalah adanya kondisi glaukoma. Atau peningkatan tekanan bola mata. Namun, kondisi lain pada mata juga dapat menyebabkan sakit kepala
    2. Adanya tumor
    3. Penyakit pembuluh darah
    4. Flu, pilek atau sinusitis
    5. Adanya infeksi telinga
    6. Adanya masalah pada gigi.
    7. Adanya tekanan psikologis ataupun stres.

     

    Pada kasus Anda, jika sakit kepala yang Anda rasakan dimana sakit kepala di bagian belakang dan adanya keluhan pada saat menggerakkan bola mata. Kemungkinan besar adanya keterlibatan pada otot sekitar mata. Namun, tentu kondisi lainnya tidak menutup kemungkinan. Jika kondisi Anda saat ini sudah berlangsung lama, disarankan untuk melakukan konsultasi langsung dan pemeriksaan oleh dokter. Perlu tidaknya emeriksaan tambahan seperti pemeriksaan darah, pemeriksaan mata, CT Scan kepala dan lain sebagainya akan disesuaikan dengan hasil konsultasi nantinya. Dengan demikian dapat dilakukan penanganan yang sesuai demi mencegah terjadinya komplikasi. 

    Demikian yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat. 

     

    Salam, dr. Tiwi